Berjejaring dan Bekerja sama untuk Menebar Kebaikan di Pelosok Negeri

by -1449 Views
by
Kepala Badan Litbang Deptan Dr Haryono dan Ketua umum PP Salimah Nurul Hidayati S.s MBA menandatangani MOU kerjasama .

Indonesia mempunyai potensi pertanian yang luar biasa. Potensi yang besar jika tidak dimanfaatkan  akan menjadi beban masyarakat. Salah satu potensi di negeri ini memiliki Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Deptan RI. Lembaga ini  memiliki dua tugas yakni penelitian dan pengembangan dengan mengarah pada scientific based activity dan impact based activity. Badan Litbang juga selalu bersiap dengan kebijakan-kebijakan yang didasarkan pada hasil riset. Contoh terbaru yang telah di manfaatkan petani adalah bibit unggul “variatas padi inpari 13” yang tahan terhadapat hama wereng .

Kepala Badan Litbang Deptan Dr Haryono mengatakan , “Untuk mempercepat pemanfaatan  produk-produk unggulannya ke masyarakat yang selama ini membutuhkan waktu relatif lama, sebagai contoh penemuan varitas padi unggulan di teliti di balitbang selama 7 tahun lalu proses untuk sampai ke petani  butuh waktu 4 tahun kemudian “. Badan litbang  berinovasi agar  melalui program “strategi diseminasi multi channel “ berupa :
Sosialisasi pemanfaatan bibit unggul melalui :
1. Lewat penyeluh pertanian di desa-desa.
2. Motivasi dari Pemimpin kepala daerah
3. Menjadikan Ibu-ibu rumah tangga sebagai motivator pertanian yang menyampaikan ke masyarakat pemanfaat hasil badan litbang dengan cara yang sederhana.
Foto bersama setelah MOU

Untuk itulah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Deptan RI menggandeng PP Salimah untuk melakukan gerakan bersama karena di yakini dengan bersama-sama bersinergi , power akan besar dan semakin besar. Dengan harapan masyarakat akan lebih cepat memanfaatkan bibit-bibit unggul hasil badat litbang deptan. Salah satu realisasinya adalah  Konsep Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Penandatangan MOU kerjasama dilakukan oleh Kepala Badan  Litbang : Dr Haryono dan Nurul Hidayati. SS. MBA , selaku Ketua Umum PP Salimahdi lakukan pada Senin (10/10/’11) di kantor balitbang deptan Pasar Minggu disaksikan sejumlah karyawan deptan dan  pengurus PP Salimah.
Salimah yang telah tersebar di 30 provinsi Indonesia melalui kader-kadernya yang merupakan motivator perempuan akan mensosialisasikan “Konsep rumah pangan lestari ” dengan program “
1.Kemandirian pangan, ekonomi rumah tanggga dan desa berbasis lokal .
2.Desertivikasi pangan berbasis lokal.
3.Konservasi tanamanan di pekarangan rumah
4. Kebun bibit desa yang berfungsi sebagai stok bibit petani dan kedepan bisa berkembang menjadi bibit market
Ketua Umum PP Salimah memberikan sambutan .

Nurul Hidayati selaku ketua umum PP Salimah mengatakan ,”Kami memaknai MOU ini sebagai sebuah upaya positif dari pihak Balitbang melibatkan component masyarakat yaitu ormas salimah dalam mensosialisasikan produk-produk dari balitbang di tengah masyarakat khususnya komunitas perempuan. Hal ini kami maknai sebagai sebuah upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat , terutama bagi perempuan, keluarga dan anak Indonesia. Amatlah relevant bagi Salimah untuk menyambut baik kerjasama ini , karena hal ini sejalan dengan visi kami yaitu menjadi  ormas perempuan yang dynamis dalam  meningkaatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia”.

“Salimah adalah ormas perempuan yang lahir pd tgl 1 maret 2000 dan saat ini telah hadir di 30 propinsi, 281 kokab dan 469 kecamatan serta sampan pd tingkat pedesaan. Memiliki sekitar 10.000 motivator volunteer dan sebagian besar dari mereka adalah lulusan perguruan tinggi, Kami berharap salimah dapat menjadai sahabat perempuan Indonesia yang aktif dan dinamis dalam melakukan upaya-upaya pendampingan dan pembinaan di tengah komunitas perempuan indonesia.  Kami berharap dengan kerjasama ini, Salimah  dapat turut melakukan upaya memediasi kebutuhan masyarakat untuk dapat memanfaatkan hasil karya dari para ahli di balitbang ini yang diperuntukkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia”, ujar ibu Nurul Hidayati dalam pidato sambutannya.
Kita tunggu kiprah Salimah  di seluruh pelosok negeri tercinta ini melalui kader-kadernya sebagai motivator-motivator pertanian … Selamat bekerja Salimah.

Leave a Reply