Koperasi Jasa Keuangan Syariah Salimah Sebagai Penopang Pemberdayaan Ekonomi Perempuan.

by
koperas-jasa-keuangan-syariah-salimah

 

koperas-jasa-keuangan-syariah-salimahKesejahteraan rakyat adalah salah satu prasyarat bagi kekokohan bangsa. Kesejahteraan rakyat dapat dicapai diantaranya dengan penguatan ketahanan ekonomi keluarga.

Pemberdayaan ekonomi perempuan menjadi salah satu upaya untuk penguatan ketahanan ekonomi keluarga. Sebagai sebuah ormas yang memiliki kepedulian terhadap peningkatan kualitas perempuan, keluarga dan anak Indonesia, Salimah berupaya turut ambil bagian dalam peningkatan kesejahteraan keluarga melalui pemberdayaan ekonomi perempuan.

Keprihatinan Salimah berangkat dari realita kondisi bangsa Indonesia yang saat ini masih memprihatinkan. Kemiskinan sebagai muara berbagai permasalahan sosial di Indonesia masih menempati angka yang cukup tinggi dan sangat  mempengaruhi kualitas pendidikan dan kesehatan penduduk Indonesia.

Kondisi memprihatinkan bangsa kita harus menjadi tantangan bagi kita untuk lebih termotivasi berbuat baik bagi sesama perempuan Indonesia, seperti yang disampaikan Rasulullah SAW” Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya”. Salimah telah mengupayakan pendampingan dan pembinaan di tengah komunitas perempuan Indonesia melalui kegiatan : sosialisasi sikap-sikap positif dan produktif perempuan dalam menghadapi masa krisis dengan sikap sabar dan tawakal, berupaya mengkreasi usaha-usaha produktif, menghindari sikap konsumtif dan rajin menabung, pelatihan kewirausahaan, pemberian bantuan dana usaha bagi perempuan miskin, workshop dan pendirian 50 koperasi primer serba usaha di seluruh Indonesia. Enam tahun sudah upaya-upaya tersebut diperjuangkan oelh pengurus dan motivator Salimah di seluruh Indonesia, dengan terus menerus mengupayakan penyempurnaan konsep maupun implementasinya dilapangan.

Aktivitas pemberdayaan ekonomi perempuan yang telah digulirkan tersebut pada akhirnya dihadapkan pada permasalahan sulitnya para perempuan mengakses bantuan atau pinjaman permodalan. Untuk itulah PP Salimah mengupayakan pendirian Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Nasional Salimah pada hari Kamis, 15 Desember 2011 di Aula Komplek DPR-RI Kalibata.

“Dengan pendirian KJKS diharapkan PP Salimah dapat secara profesional mengelola dan menyalurkan berbagai dana bergulir kepada kelompok perempuan yang membutuhkan. Sekaligus mengupayakan dapat bermitra dengan berbagai pihak untuk mendapatkan kepercayaan dalam menerima bantuan dana-dana bergulir dari dunia perbankan, PKBL maupun jalur lainnya,” ujar Ibu Nurul Hidayati, Ketua Umum PP Salimah dalam sambutannya.

Semoga upaya pemberdayaan ekonomi perempuan yang kongkrit di tengah masyarakat dapat mengokohkan ketahan ekonomi keluarga Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia .

.

Related Post

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Leave a Reply