Salimah Sumatra Utara Gelar Pelatihan Kehumasan & Grand Opening Gerai KOSSUMA

by

sumut-2Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (SALIMAH) Sumatera Utara menyelenggarakan serangkaian kegiatan kehumasan dan koperasi pada hari Sabtu 5 Maret 2011. Kegiatan ini bertempat di aula IPMD Jl Setia Budi No 39B, dan Sekretariat PW Salimah Sumut Jl Setia Budi No 24C, Medan.

Di awali dengan Penyuluhan Koperasi oleh Bapak Murdeni Muis dari Dinas Koperasi Kota Medan, acara dilanjutkan dengan Pelatihan Pembuatan Press Release dan Penyusunan Proposal. Di siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan Grand Opening Gerai KOSSUMA (Koperasi Syariah Serba Usaha Muslimah) milik PW Salimah Sumut.  Acara dari bidang humas dan ekonomi ini diselenggarakan pada hari yang sama dengan pertimbangan efisiensi waktu dan biaya, karena para pengurus PD tinggal di daerah yang letaknya jauh dari kota Medan.

“Pelatihan bidang Kehumasan digelar dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus SALIMAH tentang tata cara pembuatan press release yang baik dan tata cara penyusunan proposal yang benar, lengkap dan prospektif. Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari unsur pimpinan wilayah Salimah Sumut dan unsur pimpinan daerah SALIMAH se-Sumatera Utara,” kata ketua panitia Ir. Nurhayati Sembiring,M.T. kepada wartawan.

Menurut Nurhayati, dalam pelatihan ini panitia menghadirkan para narasumber yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya masing-masing. Mereka adalah Bapak Nasib TS,  Redaksi Pelaksana Harian Global yang mengisi materi teknik pembuatan press release dan Bpk Misran dari PKPA yang mengisi materi teknik pembuatan proposal.

Press release merupakan pemberitaan sebuah acara kepada publik melalui media. Oleh karena itu, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika akan membuat press release sehingga press release kita nanti itu akan menjadi berita yang bagus dan menarik untuk dimuat di media massa. Demikian disampaikan oleh Bpk Nasib dalam paparannya.

Sedangkan menurut Bpk Misran, proposal merupakan wajah dari sebuah agenda kegiatan. Ketika membuat proposal, kita harus bisa meyakinkan semua pihak yang berkepentingan agar mau mendukung kegiatan kita. Jika ingin membuat proposal, penulis harus dalam kondisi senang, segar, tanpa masalah dan tanpa tekanan, katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PW SALIMAH Sumut, Ibu Sri Prafanti, ketika dijumpai wartawan mengatakan kegiatan ini mengambil tema “ Mengguncang Dunia dengan Kehebatan Pena”. “Kegiatan ini juga merupakan wadah silaturrahmi dan pertemuan antara pimpinan wilayah dan pimpinan daerah se-Sumut. Salimah sangat concern untuk peningkatan kapasitas dari para pengurusnya. Oleh karena pembuatan press release dan pembuatan proposal merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pengurus, maka PW salimah menyelenggarakan kegiatan ini.”

Ditanya tentang organisasi Salimah, Ketua Umum mengataka bahwa Salimah adalah organisasi massa yang peduli kepada keluarga, perempuan dan anak. Oleh karena itu Salimah sangat concern dengan agenda-agenda yang berhubungan dengan ketiganya.

“Pada hari ini kami juga mengadakan Grand Opening gerai Kossuma PW Salimah Sumut yang ada di sekretrariat di Jl Setia Budi no 24C Medan. Tersedia semua kebutuan sehari-hari di Gerai kossuma tersebut, seperti produk fashion, herbal, makanan dan minuman serta jasa laundry kiloan. Gerai ini merupakan bentuk perwujudan Salimah yang juga cocern dengan pemberdayaan ekonomi umat. Beberapa produk unggulan dari Salimah adalah Salimah Fashion dan sulam pita. ”

“Mudah-mudahan dengan rangkaian acara ini, setiap pengurus memiliki kemampuan dan kapasitas yang memadai yang bisa mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari, “kata Sri Prafanti menutup perbincangan. Pada acara tersebut juga turut hadir wartawan dari media massa Harian Global, Waspada dan Sumut Pos agar kegiatan PW salimah ini dapat terekspos secara luas.

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Leave a Reply