Salimah Sumut Dirikan Koperasi Syariah dan Pelatihan Kewirausahaan

by

sumutSaat ini ada banyak jumlah kelompok masyarakat yang sangat potensial bagi pemberdayaan ekonomi. Sayangnya, kelompok-kelompok tersebut belum dikelola dengan manajemen modern. Perlu usaha untuk membangun dan meng-upgrade mereka melalui nilai-nilai ekonomis.

Salah satu usaha yang paling sesuai dan realistis adalah melalui pendirian koperasi, dimana kelompok-kelompok masyarakat tersebut dapat bersatu dan bekerja sama membangun ekonomi mereka. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. Gatot Pujo Nugroho dalam acara Peresmian Koperasi Syariah Serba Usaha Muslimah (KOSSUMA) dan Pelatihan Wirausaha di Medan.

“Koperasi yang terbaik di Indonesia adalah koperasi yang digerakkan oleh ibu-ibu di Jawa Timur,” kata Wagub lebih lanjut, “Kalau PW Salimah Sumut akan mendirikan koperasi, harus dijalankan dengan sungguh-sungguh dan membawa nilai-nilai moral untuk diwujudkan dalam nilai-nilai ekonomi.” Beliau juga menyatakan bahwa ruh pembangunan ekonomi di Indonesia adalah koperasi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Sumatera Utara di Aula Gedung Kopertis Medan, pada hari Minggu tanggal 12 Desember 2010.Pendirian KOSSUMA ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membangun ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan agar produk yang dijual adalah produk-produk keseharian yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Propsu yang diwakili oleh Drs. Murdeni Muis, MM dalam pengarahannya menyebutkan bahwa perlu dibentuk kader-kader koperasi baik di tingkat propinsi, kabupaten dan kecamatan dan harus ada kemauan untuk belajar tentang koperasi sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

KOSSUMA PW Salimah yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara dihadiri oleh 13 Pimpinan Daerah Salimah se-Sumatera Utara, PKK Sumut, BKMT dan Dinas Koperasi Propsu. Di dalam organisasi Salimah di seluruh Indonesia sudah dibentuk KOSSUMA dengan peredaran usaha mencapai Rp 1 Milyar, seperti disampaikan oleh Ketua Umum PW Salimah Sumut, Hj. Sri Prafanti, ST.

Pelatihan Wirausaha

Selain peresmian KOSSUMA, pada acara yang sama PW Salimah juga memberikan pelatihan wirausaha bagi ibu-ibu berupa pelatihan sulam pita dan pembuatan susu kedelai yang diikuti oleh 50 orang ibu-ibu rumah tangga.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta nantinya akan memiliki keterampilan sebagai modal untuk menambah penghasilan mereka. Selama kegiatan pelatihan, ibu-ibu terlihat antusias mengikutinya.

Kreasi sulam pita merupakan hal yang baru dan sangat prospek untuk menjadi sumber penghasilan. Kreasi ini bisa dibuat pada berbagai macam bahan pakaian ataupun perhiasan yang terbuat dari kain, seperti baju, jilbab, mukena, bantal, hiasan dinding dan sebagainya. Jika digeluti dengan sungguh-sungguh, usaha ini bisa menjadi andalan untuk industri rumah tangga.

Related Post

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Leave a Reply