2012 Jilbab Gratis untuk Muslimah Surabaya

by -895 views

Sebanyak 2012 jilbab akan dibagikan ke seluruh muslimah yang kurang mampu di Surabaya dan Jawa Timur. Target itu optimis terpenuhi hingga akhir tahun ini.

Pembagian jilbab itu merupakan tindak lanjut program Jawa Timur Berjilbab yang diluncurkan Lembaga Managemen Infaq (LMI) dan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Jawa Timur, Minggu (29/4/2012). Program ini sebenarnya sudah digagas sejak 2011 lalu namun baru benar-benar terwujud tahun ini.

Fatma Syaifullah Yusuf dan Tri Rismaharini memasangkan jilbab ke perwakilan pasukan kuning dalam peluncuran Jawa Timur Berjilbab.

Dalam peluncuran di Balai Pemuda Surabaya yang dihadiri Tri Rismaharini Walikota Surabaya dan Fatma Syaifullah Yusuf Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita Jatim, 300 jilbab dibagikan ke 300 muslimah yang terdiri dari pasukan kuning, penjual koran, pengasuh anak yatim dan majelis taklim. Keempatnya merupakan sasaran yang dibidik LMI dan Salimah untuk diberi jilbab gratis.

Menurut Syaiful Arifin Direktur Eksekutif LMI, pembagian jilbab ini sebagai bentuk bantuan kepada muslimah Jawa Timur yang ingin menutup aurat tapi terkendala kondisi ekonomi.

“Kita ingin membantu muslimah yang ingin menutup aurat, tapi karena kondisi ekonomi ksulitan untuk berjilbab,” kata Syaiful.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2007, ada lebih dari 19 juta penduduk Jawa Timur yang perempuan. Jika 90 persennya muslim, maka diasumsikan ada 17 juta muslimah. Jika 10 persennya kurang mampu dan setahun membutuhkan 3 jilbab, Syaiful memprediksi ada 5,2 juta jilbab yang dibutuhkan dalam setahun.

Jumlah itu akan terus dipenuhi oleh LMI dan Salimah. Namun, sebagai target awal, 2012 jilbab dibagikan tahun ini. “Kita tidak ingin berhenti disini. Tapi akan kita lakukan seterusnya,” ujarnya.

Nur Aida Rahmawati Ketua PW Salimah Jawa Timur mengatakan tahun ini program Jawa Timur Berjilbab masih akan fokus di Surabaya. Tapi, kota-kota lain sudah menyatakan kesiapannya untuk mendukung program ini.  Bantuan akan terus disalurkan, akan terus digulirkan, agar setiap yang membutuhkan dapat segera terbantu.

sumber : suarasurabaya.net (Iin Muchtadi)

Leave a Reply