Galang Bantuan Untuk Pengungsi Suriah

by

suriahAkibat konflik dalam negeri Suriah yang semakin memburuk, menyebabkan ribuan warga tewas dalam hampir 18 bulan yang penuh kekerasan dan ratusan ribu (312.975 orang, data 30 Oktober 2012) penduduk Suriah pergi meninggalkan tanah kelahirannya untuk menyelamatkan diri mengungsi di perbatasan negara yang tersebar di beberapa negara Lebanon, Yordania, Mesir, Turki dan Irak.

“Sejak pecah konflik yang penuh kekerasan pengungsi Suriah telah menjadi pengungsi di dalam negeri , pindah berkali-kali sebelum meninggalkan Suriah. Mereka memerlukan bantuan kemanusiaan sejak hari pertama,” ujar Panos Moumtzis, Koord regional UNHCR.

Santi Soekanto, wartawati senior pendiri Sahabat Al-Aqsha bersama suami Zikrullah W. Pramudya, keduanya adalah  Jurnalis yang menjadi tawanan penyerangan Israel di kapal Mavi Marmara  berkunjung untuk bersilaturahim ke PP Salimah. Mewakili Sahabat Al Aqsha memberikan hadiah cendera mata dari Palestian, serta mengabarkan kegiatan yang akan dilakukan oleh Sahabat Aqsha yaitu mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Suriah di negara-negara perbatasan. Di mana sebagian besar para pengungsi adalah perempuan dan anak-anak.

Santi Soekanto beserta suami pernah tinggal selama 2,5 tahun di Suriah untuk melanjutkan pendidikan, sehingga beliau tahu betul bagaimana situasi dan kondisi pengungsi Suriah. Kondisi terakhir tempat pengungsian sangat mengenaskan, menyedihkan dan tidak kondusif. Para pengungsi bisa sewaktu-waktu di serang tentara tanpa bisa membela diri. Apalagi menjelang musim dingin di bulan Desember 2012, kondisi para pengungsi akan lebih memprihatinkan. Mereka tinggal di tenda barak pengungsian dengan sarana seadanya. Cuaca Dingin dapat membekukan mereka.

Mbak Santi beserta suami melakukan silaturahim ke beberapa ormas islam mengajak mereka untuk turut berpartisapasi menggalang bantuan untuk pengungsi Suriah. Di musim dingin mereka memerlukan bantuan selimut, bahan makanan dan obat-obatan. Semoga rencana Sahabat Al-Aqsha mengirimkan bantuan langsung untuk kaum Muslimin Suriah di camp pengungsi berjalan lancar dan selamat.

Salimah membuka rekening bantuan “Infaq Dunia Islam” untuk Suriah Bank Syariah Mandiri no rek 1700018680 an. Persaudaraan Muslimah, Konfirmasi pengiriman ke 08126900004 (Rita) . Kami tunggu partisipasi saudaraku muslim dan muslimah. (Iin Muchtadi )

Leave a Reply