International Hijab Solidarity Day (4/9)

by

228469_381422548597848_2034182113_n

Ternyata 4 September ini diperingati sebagai The World Hijab Day
Kita tengok sekilas sejarahnya yuk!
International Hijab Solidarity Day (IHSD) dilatar belakangi oleh Keputusan pemerintah London yang melarang mahasiswa untuk memakai simbol – simbol keagamaan, sehingga banyak kaum muslimin yang memprotes keputusan ini. Hal ini merugikan wanita, khususnya muslimah yang harus menutupi diri dengan hijab yang longgar, oleh karena itu lahirlah Konferensi London pada tanggal 4 september 2004 yang di hadiri oleh :
– Syeikh Yusuf Al – Qardawi
– Prof Tariq R , dan
– Di hadiri oleh 300 delegasi dari 102 Organisasi Inggris dan Internasional.
Hasil dari Konferensi London adalah:
1. Menetapakan Dukungan terhadap jilbab
2. Penetapan 4 September sebagai Hari solidaritas jilbab Internasional(IHSD)
3. Rencana Aksi Untuk Tetap Membela hak wanita Muslim mempertahankan busana taqwa mereka.
Konferensi Pro-Hijab yang berlangsung di ibukota Inggris, London, berakhir dengan sebuah petisi dukungan terhadap jilbab. Seluruh peserta konferensi juga sepakat menetapkan hari solidaritas jilbab internasional, dan rencana aksi untuk tetap membela hak wanita Muslim mempertahankan busana taqwa mereka.
Nah, ternyata di luar negeri, perjuangan untuk make jilbab itu, sampe segitunya. Sekarang tinggal aksi di Indonesia nih. Kita harus semangat menyuarakan kewajiban berhijab ke muslimah yang berlum berjilbab :)
Sebenernya, di luar semua alasan berjilbab –kayak tampak lebih cantik, menjaga kehormatan, dan lain-lain– berjilbab itu adalah perintah dari yang menciptakan kita, Allah swt. Jadi dia bukan sesuatu yang bisa dinego. Setelah berhijab, barulah kita bisa merasakan berjuta efek cantik dan terhormat lainnya.
Berkerudung juga ga harus nunggu shalihah, gak ada dalilnya. Perbaikan perilaku dan hijab fisik diperintahkan secara paralel, bukan seri. Lagipula, berhijab juga bisa menjadi pencipta faktor motivasi eksternal untuk perbaikan diri. Dengan berhijab, kita jadi lebih PD untuk ikut pengajian dan perlahan tapi pasti, ilmu yang bertambah akan berbuah amal yang cantik. Itu salah satunya.
Naah, ga perlu ragu lagi untuk berjilbab ya teman-teman. Kalian punya banyak keluarga di dunia ini :) Semoga Allah makin sayang sama kita. Aamiin

source:http://www.islamedia.web.id/2012/09/sejarah-ihsd.html

Leave a Reply