Mengolah Tanaman Obat Untuk Kesehatan Keluarga

by

Menjaga kesehatan anggota keluarga adalah salah satu tugas ibu.  Seorang ibu sebaiknya faham manfaat dari tanaman obat yang ada di sekitar rumah untuk menjaga kesehatan keluarganya.  Mengolah tanaman obat  untuk kesehatan keluarga dapat di lakukan secara mandiri oleh ibu rumah tangga. Jika dibuat sendiri akan jauh lebih murah, terasa segar , aman dan optimal khasiatnya karena  tidak dicampur bahan kimia.

PW Salimah Sumatra Barat bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian menyelenggarakan acara workshop “Bimbingan Tehnis Pengembangan Tanaman Obat Untuk Peningkatan Pendapatan dan Kesehatan Masyarakat”, di Gedung Bapelkes, Padang, (14-/4/2012).

Ketua Umum PP Salimah, ibu Nurul Hidayati berkenan hadir membuka acara . “Salah satu cara bersyukur pada Allah yang telah memberikan banyak limpahan rezeki adalah dengan memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang telah Allah berikan yaitu menanami pekarangan rumah dengan tanaman obat dan sayuran untuk mendapatkan manfaat yang  sangat besar untuk menuju keluarga sehat. Hanya di butuhkan usaha untuk bisa melakukannya, namun hasil yang di dapat akan sangat banyak dan barakah bagi keluarga dan tidak menutup kemungkinan akan di tiru oleh masyarakat sekitarnya,” ujar Ibu Nurul dalam arahannya kepada peserta workshopyang datang dari perwakilan 19 PD Salimah se Sumatra Barat.

dr.Reggie Sri Kusumadevi

Dr. Reggie Sri Kusumadevi memandu acara workshop dengan memaparkan materi  ‘Jamu, Obat Keluarga ‘. “Jamu yang dibuat sendiri, dari tanaman obat keluarga yang ada di halaman rumah sendiri, dapat dikonsumsi sebagai usaha promotif (peningkatan kesehatan ), preventif (pencegahan), kuratif (penyembuhan) , dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan) . Pada usaha kuratif , sebaiknya dikomunikasikan kepada dokter atau tenaga kesehatan” , papar dr. Reggie.

Dr. Reggie menjelaskan secara menarik manfaat dari berbagai macam tanaman obat yang mudah di temukan di sekitar rumah. Acara di lanjutkan dengan praktek membuat minuman herba/ Jamu “Jahe Jreng” yang bermanfaat untuk menghilangkan masuk angin, menurunkan kolesterol, membersihkan racun di lever. Peserta sangat antusias memperhatikannya dan  hasilnya langsung di coba oleh peserta. Ternyata minuman dengan aroma rempah segar dan menyehatkan sangat mudah membuatnya.

Resep membuat minuman ” Jahe Jreng” .
Bahan : Kencur, Temulawak, Jahe, Kunyit, Daun sereh, Jeruk nipis, Daun Pandan, Gula, Garam
Ukurannya cukup sejengkal untuk penggunaan sehari-hari.

Cara pembuatannya :
1. Kencur, Temulawak, Jahe, Kunyit, di iris-iris tipis
2. Masing-masing bahan di blender dengan menambahkan sedikit air.
3. Setelah halus masing-masing bahan di saring, ambil air sari .
4. Satukan bahan-bahan di panci tambahkan air secukupnya lalu di didihkan .
5. Tambahkan gala dan garam secukupnya.
6. Terakhir masukan daun pandan dan perasan air jeruk nipis untuk sehingga minuman harum dan segar.

Oleh : Iin Muchtadi , Humas PP Salimah

Jahe jreng siap di minum .

Leave a Reply