Perempuan dan Solusi Tiga Krisis

by

Perempuan Indonesia yang tergabung  dalam ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah) tengah menggelar pertemuan akbar tahunan , Rapat Koordinasi Nasional, dengan format acara Workshop Nasional yang  akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Komplek DPR RI Kalibata pada 9-11 Maret 2011, dengan tema “Optimalisasi Peran Salimah dalam meningkatkan kualitas keluarga Indonesia”.

Dalam acara ini, Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP  Salimah) bekerja sama dengan berbagai pihak, diantaranya dengan jajaran Kementrian Pertanian guna mensosialisasikan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Penganekaragaman dan Keamanan (diversifikasi) Pangan. Untuk menguatkan pesan agar KRPL dan diversifikasi pangan dapat tersosialisasi dengan baik oleh seluruh jajaran pengurus Salimah di seluruh Indonesia, Menteri Pertanian Bapak Ir Suswono berkenan hadir untuk memberikan arahan kepada peserta workshop.

Acara ini akan dihadiri oleh ratusan pengurus yang merupakan perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) dari 30 Provinsi dan 1 Peninjau dari Nusa Tenggara Timur. Pembahasan workshop meliputi Kossuma (Koperasi Syariah Serba Usaha Muslimah) yang pendiriannya sudah menyebar di berbagai daerah dan pedesaan, untuk menyalurkan hasil karya kaum perempuan. Akan diresmikan juga KJKS (Koperasi Jasa Keuangan Syariah) yang akan membantu dalam hal mendanaan.  Sister  (Sekolah Ibu Salimah Terpadu), kelompok kecil dari masyarakat yang akan mengakomodir kebutuhan mereka, khususnya kaum perempuan.

Para peserta juga akan mendapatkan pelatihan, diantaranya tentang memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan untuk sumber pangan, yang kemudian diolah secara baik dan benar, sehingga menghasilkan pangan sehat. Mereka akan terjun langsung ke lapangan, di Komplek DPR RI Kalibata yang sudah menjadi salah satu Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), bentukan Salimah. Narasumber pelatihan ini adalah utusan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Badan Ketahanan Pangan (BKP) dari Kementrian Pertanian RI.

Selain itu peserta juga akan mendapat materi mengenai Pemberdayaan ekonomi Keluarga, dengan Pembicara Andi Wiana Saptonarwanto, SE, MPM (Analisis Eksklusif BI), Ruli (Kemenkop) serta berbagi kisah sukses dari para pelaku bisnis yang notabene Pengurus Salimah.

Sepulang dari acara yang digelar selama 3 hari ini, Salimah berharap  dengan realisasi program-program yang digulirkan, keluarga Indonesia memiliki  solusi nyata  untuk menghadapi setidaknya tiga krisis, yakni krisis pangan, krisis ekonomi maupun krisis lingkungan, melalui optimalisasi peran perempuan dalam peningkatan kualitas keluarga bukan sekedar mimpi, melainkan menjadi suatu sikap yang nyata.

Press Release Workshop Nasional Salimah 2012


Leave a Reply