ToT M-KRPL Salimah DIY, Sumbangsih Pangan Halalan Thayyiban

by

Jogja – PW Salimah DIY bekerjasama dengan Balitbang Kementan RI dan BPTP DIY melaksanakan Training of Trainers pengembangan M-KRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari) sebagai tindak lanjut dari program yang diusung Deptartemen Pertanian RI bersama PP Salimah (24 Juni 2012). Pelatihan kali ini diselenggarakan disalah satu M-KRPL Yogyakarta tepatnya di kelurahan Kadipaten Kraton dengan menghadirkan 30 orang utusan dari PD Salimah seluruh DIY.

Dalam sambutannya, ketua PW Salimah DIY, Dyah Sulistyorini,M.Sc mengemukakan bahwa training yang bertema “Diseminasi Teknologi Pertanian” ini bertepatan dengan tema-tema kepedulian Salimah sebagai ormas yang konsern terhadap peningkatan kualitas perempuan,keluarga dan anak Indonesia. Melalui konsep KRPL harapannya Salimah dapat turut memberikan kepedulian dan manfaatnya dibidang lingkungan dan pengadaan makanan yang halal dan thayib bagi keluarga di wilayah DIY khususnya.

Dalam materi yang disampaikan oleh Ir.Maesti Mardiharini,M.Si utusan dari Balitbang Kementan RI dipaparkan tentang “Konsep dan Implementasi KRPL” lengkap dengan berbagai perkembangan KRPL yang sudah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Selanjutnya ibu Tri Winarsih,SP (Salimah DIY) lebih menekankan Dinamika Kelompok dalam Pengimplementasian KRPL. Materi Terakhir tentang budidaya sayuran,toga dan tanaman buah oleh utusan dari BPTP DIY (Tri Wahyuni,SP) lengkap dengan materi penanggulangan OPT (organisme pengganggu tanaman).

Selepas waktu rehat peserta diajak mengunjungi M-KRPL di Kadipaten Kraton. Disana fasilitator dari BPTP menerangkan dan mempersilahkan peserta untuk hands-on mulai dari penyiapan media tanam hingga mempelajari berbagai metode penanaman sayur dan buah.Jelas peserta terlihat amat antusias karena konsep KRPL sendiri ternyata sangat memungkinkan untuk diaplikasikan disetiap rumah dengan beragam tipe luasan pekarangan,bahkan bagi rumah yang tidak memiliki pekarangan sedikitpun.

Acara ditutup dengan pembagian benih unggul hasil karya Balitbang Kementan RI. Beragan benih tersebut antara lain benih kangkung,bayam,sawi,terung,cabe rawit dan tomat buah. PW Salimah DIY membagikan paket tersebut kepada setiap perwakilan PD yang ada diDIY. Harapannya ada tindak nyata dari setiap pengurus ditingkat PD untuk segera action membentuk KRPL didaerahnya masing-masing.Tentunya PW Salimah lewat tim yang telah dibentuk khusus untuk mengawal program ini akan terus melakukkan monev secaraberkala terhadap KRPL yang akan diinisiasi oleh Salimah tingkat daerah.

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Leave a Reply