Gaya Hidup Hijau dan Kesadaran pribadi Yang Menggerakkan

by

Komunitas “Gaya Hidup Hijau” kini menjamur di masyarakat perkotaan. Mereka yang cinta lingkungan sadar bahwa pola perilaku manusia merupakan salah satu penyumbang kerusakan lingkungan.

Menurut Nurul Hidayati, Ketua umum PP Salimah salah satu hal yang membuat mukmin lemah adalah kerusakan lingkungan yang menyebabkan kualitas hidup manusia menjadi menurun. Pada dasarnya Allah telah memberikan yang terbaik untuk manusia dan berbuat kerusakan adalah perbuatan haram.
“Di tengah kerusakan mari kita kembali pada kebenaran, memperbaiki lingkungan yang rusak dan komitmen menerapkan pola perilaku hidup hijau bermula pada pribadi dan memotivasi lingkungan sekitarnya untuk turut serta peduli dan menerapkan gaya hidup hijau”, ujar Nurul Hidayati dalam sambutannya pada acara Talkshow “Gaya Hidup Sehat” pada Kamis, 16 Mei 2013 di Jakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan Salimah menghadirkan nara sumber Dr Mubarik Ahmad, Dosen Ekonomi UI & mantan Direktur WWF Indonesia serta dr.Diana Abbas Thalib, MARS, trainer gaya hidup sehat dan dihadiri sekitar 100 orang peserta peduli limgkungan.

DR.Ahmad Mubarik
DR.Ahmad Mubarik

Dr Mubarik Ahmad mengawali dengan memberikan pengetian umum tentang gaya hidup hijau yaitu cara hidup yang memelihara dan tidak merusak bumi Allah SWT sebagai upaya mewujudkan kesimbangan hidup. Inilah sebenarnya misi hidup manusia di bumi sebagai khalifah yaitu pemimpin yang membangun dan memelihara alam. Memelihara alam adalah ibadah untuk Allah, pencipta dan menguasa alam yang telah memberikan alam yang sempurna kepada manusia.

“Mulailah dari diri sendiri menerapkan cara hidup hijau misalnya menghemat air untuk kebutuhan rumah tangga. Mandi menggunakan shower lebih menghemar air, menampung air bekas wudhu untuk digunakan menyiram tanaman ataupun mencuci mobil. Menghindari pembungkus plastik & stirofoam, membawa tas belanja dari rumah, menggunakan alat elektronik watt rendah, menghemat penggunaan kertas, rutin menanam pohon dll. Hal-hal sederhana mudah dilakukan namun berdampak kebaikan bagi lingkungan”, papar Dr.Ahmad Mubarik. Paparan lengkap dari beliau dapat di simak di sini .

dr.diana
dr.Diana Abbas Thalib

Nara sumber berikutnya dr.Diana Abbas Thalib MARS memaparkan tentang Gaya Hidup Hijau & Sehat. Kesehatan adalah hal yang harus diusahakan dan diupayakan dengan serius karena kesehatan adalah investasi untuk kehidupan yang baik di masa depan. Seorang Ibu adalah manajer di rumah yang bertanggung jawab mengupayakan penerapan gaya hidup sehat semenjak dini pada seluruh anggota keluarganya. Kebiasaan menerapkan cara hidup hijau dan sehat kelak akan membentuk karakter pada pribadi seseorang.

“Untuk dapat menerapkan kebiasaan sehat dan lingkungan sehat membutuhkan ilmu, pemahaman dan keyakinan untuk pembiasaannya. Gaya hidup sehat mencakup pola makan sehat, pola pikir positif dan menjaga kebersihan baik pribadi maupun lingkungan. Gaya hidup hijau mengajak keluarga kembali ke alam seperti kebiasaan berolah raga dan rekreasi di alam terbuka”, papar Diana Abbas Thalib.

Mari kita mulai bangun kepedulian dan pengetahuan tentang dampak prilaku kita terhadap alam, mulai dari diri sendiri, keluarga dan ajak masyarakat untuk turut peduli.

<Iin Muchtadi>

 

Leave a Reply