Muslimah Dan Sosial Media

by

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadikan komunikasi dan arus informasi tak mengenal batas. Begitu pula, kecanggihan gadget saat ini turut menyempurnakan kecepatan lintas media. Hal ini berdampak signifikan baik negatif maupun positif bagi kehidupan kita sehari-hari di lingkup pribadi, keluarga, masyarakat, sampai negara. Hampir setiap pribadi saat ini memiliki gadget canggih namun tidak semuanya mampu mengoptimalkan fungsinya dan memberi nilai plus terhadap gadget yang dimiliki. Bahkan yang terjadi adalah kesalahan pemanfaatan yang justru memberi dampak negatif.

Persaudaraan Muslimah (Salimah) yang memiliki visi peduli perempuan, keluarga, dan anak Indonesiaberinisiatif menyelenggarakan workshop humas bagi aktivis Salimah se-Jatim pada Sabtu-Minggu, 31 agustus – 1 September 2013. Workshop humas ini merupakan rangkaian acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Pimpinan Wilayah Salimah Jatim.

Workshop Humas yang diadakan di Asrama Haji Sukolilo ini selain bertujuan sebagai sharing and refreshing ilmu humas dan media juga secara tidak langsung sebagai bukti bahwa aktivis Salimah peduli akan kekinian teknologi disekitarnya. Hal ini kaitannya erat dengan filterisasi informasi yang akan diterima oleh ibu-ibu Salimah sendiri maupun keluarganya. Seperti dituturkan oleh dr. Nur Aida, M.Kes, “Terkait workshop humas Salimah ini, bahwa aktifis Salimah wajib paham ilmu humas dan media karena selain untuk pengembangan Salimah go public, juga ibu-ibu Salimah tidak boleh gaptek dan kalah update info terkini dengan anak-anaknya. Dengan begitu ibu Salimah bisa mengontrol dan turut andil dalam mengarahkan keluarga akan lintas informasi yang masuk”.

Acara yang dihadiri oleh delegasi pimpinan daerah salimah se-jatim ini menyajikan 4 judul materi, yaitu “Eksis dengan Citra Manis dan Eksis di Media Massa” oleh Shiddiq Baihaqi (konsultan media), “Eksis di Depan Kamera” oleh Dino Markiano (Fotografer), dan “Eksis di Media Sosial” oleh Suaidi/Mbah Jiwo (Pakar Sosial Media).

Antusiasme belajar sosial media dari ibu-ibu Salimah ini tergambar jelas dalam acara workshop tersebut.“Kami belajar banyak sekali dalam workshop 2 hari ini, mulai jejaring sosial, public speaking, teknik pengambilan gambar, menjadi event organizer handal dan banyak lainnya, semoga untuk kedepannya ilmu yang telah didapatkan dalam workshop humas kali ini mampu menjadi bekal untuk mengembangkan kekuatan humas dan media di 37 daerah Salimah di wilayah Jawa Timur” ungkap Dra. Hj. Lilik Subekti delegasi dari Banyuwangi .

Leave a Reply