13 Tahun Kiprah Salimah

by

ketua-umum-salimah-wirianingsih-nurul-hidayati-aan -rohanah

Pada tanggal 8 Maret 1013, genap tiga belas tahun usia perjuangan sekelompok muslimah Indonesia dalam format gerakan organisasi massa Persaudaraan Muslimah. Didirikan di Jakarta dengan dewan pendiri diantaranya oleh Almarhumah Dra Yoyoh Yusroh, Dra Siti Zainab Msi, Dr Aan Rohanah, Dr Nursanita Nasution, dll.

Pada lima tahun kepengurusan periode pertama yaitu dari tahun 2000 sampai 2005 Salimah diketuai oleh Dr Aan Rohanah . Dilanjutkan oleh Dra Wirianingsih pada lima tahun periode kedua yaitu dari tahun 2005 sampai 2010. Kemudian saat ini dilanjutkan oleh Nurul Hidayati SS.MBA sebagai ketua umum yang ketiga, pada periode th 2010 sampai 2015.

Kiprah tiga belas tahun Salimah hari ini dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan hadirnya Salimah di 32 provinsi, 316 kota/kabupaten dan 768 kecamatan. Dengan segala tantangan yang dihadapi, lebih dari sepuluh ribu pengurus Salimah di seluruh Indonesia berusaha secara konsisten menjalankan roda organisasi dan menghadirkan berbagai kegiatan bermanfaat di tengah masyarakat. Mulai dari mendirikan, mengokohkan serta meluaskan struktur kepengurusan, mengasah keterampilan mengelola diri, mengelola organisasi sekaligus mengelola rumah tangga, merencanakan dan mengimplementasikan berbagai program yang dibutuhkan masyarakat, berjejaring dengan berbagai elemen masyaarakat serta institusi, mendokumentasikan dan mempublikasikan berbagai kegiatan serta tak kalah pentingnya menjaga spirit perjuangan agar seluruh jajaran pengurus Salimah terus istiqomah mengusung visi bersama yaitu menjadikan Salimah sebagai organisasi massa musllimah yang dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia.

Selamat dan ucapan terimakasih patut kita berikan kepada seluruh muslimah yang telah berkontribusi merangkai kerja dan kinerja Salimah. Mulai dari jajaran dewan pendiri yang telah merumuskan format perjuangan muslilmah, para pengurus PP, PW, PD, PC bahkan Pra, baik yang masih aktif berkiprah maupun yang telah mengalami penggantian. Sungguh tak ada apresiasi terbaik selain lantunan do’a semoga seluruh pemikiran, perasaan, tenaga, waktu serta harta yang telah dicurahkan melalui perjuangan Salimah dapat terhitung di hadapan Alloh sebagai amalan maqbulan yang diterima dan dibalas dengan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Dedikasi yang mulia ini tak akan mungkin diberikan kecuali oleh para muslimah yang ikhlas memanfaatkan waktu-waktu berharganya untuk berbuat terbaik di tengah kaumnya dengan tekad menjadi manusia yang memberikan sebanyak-banyak kontribusinya bagi sesama manusia sebagaimana yang digambarkan Rosululloh “Khoirunnaas anfa’uhum linnaas”, sebaik-baik manusaia adalah yang terbanyak manfa’atnya bagi sesama. Para muslimah yang bertekad untuk mengoptimalkan potensi dirinya dan menghindari kesia-siaan hidup. Mereka yang memiliki prinsip “min husni islamil mar i tarkuhu ma la ya’nih” di antara kebaikan seorang muslim adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Semoga seluruh kontribusi tersebut menjadi shodaqoh jariah yang akan terus mengalirkan kebaikan dan keberkahan dari Alloh swt di dunia dan akhirat. Semoga seluruh upaya para muslimah yang bergabung bersama Salimah dapat menjadi embun sejuk di tengah komunitas perempuan Indonesia dengan bermacam problematika yang dihadapinya. Semoga langkah Salimah semakin nyata di tengah masyarakat untuk dapat memberikan solusi bagi peningkatan kualitas perempuan, pengokohan keluarga dan perlindungan generasi penerus. Untuk itulah seluruh jajaran pimpinan Salimah baik di pusat maupun daerah tak boleh berhenti untuk menjaga stamina dan mengembangkan organisasi Salimah dengan sebaik-baiknya. Kerja-kerja yang terorganisasikan dengan baik, terencana, terimplementasi, terukur dan terevaluasi menjadi bukti nyata dedikasi kita bersama dalam menghadirkan institusi dakwah yang kokoh dan kontributif di tengah komunitas perempuan Indonesia.

Merenungi bait demi bait mars Salimah, menghadirkan getar kalbu dalam harap berdo’a kepada Ilahi Robbi, semoga bait-bait tersebut dapat memotivasii seluruh pengurus Salimah di seluruh Indonesia untuk menguatkan langkah mereka dengan kerja-kerja nyata. amin. Sambutlah seruan kami.. para muslimah cinta negeri,,kami berjuang menempa diri ,,,tuk membangun peradaban islami..Anggun dinamis dan bersahaja.. meretas dan memupuk persaudaraan.. membangun masa depan yang gemilang..dalam terangnya cahaya Islam.. Salimah kami pendukung citamu.. Salimah kami bangga kepada mu…Salimah jalan panjang nan berliku.. tak menjadikan gentar dan ragu.. karena Alloh menyertai selalu…. Karena Alloh menyertai selalu..Allohu Akbar.

Kado indah buat saudaraku pengurus Salimah di seluruh Indonesia.
Jelang milad Salimah 8 Maret 2013.

Nurul HidayatiNurul Hidayati,SS,MBA.
Ketua Umum PP Salimah 2010 -2015

 

Related Post

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Leave a Reply