EDUKASI “MENCEGAH KEJAHATAN SEKSUAL PADA ANAK” DI HARI IBU 2014

by

PicsArt_1420259786178Kegiatan Hari Ibu 2014 bersama Persaudaraan Muslimah berlangsung semarak di Salatiga. Serangaian acara menjadi hadiah untuk ibu-ibu Salatiga diantaranya Seminar “Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak ” pada tgl 13 Desember 2014.

Maraknya kejahatan seksual pada anak menimbulkan keprihatinan di kalangan para ibu penggiat Salimah. Pada Rakornas 2014 direkomendasikan kepada seluruh pengurus wilayah untuk mensosialisasikan pemahaman dan kiat-kiat pencegahan kejahatan sekaual  pada anak.

Salah satu pengurus wilayah yang tergugah  menindaklanjuti rekomendasi tersebut adalah ketua PW Salimah Jawa Tengah, Ibu Ida Nurul Farida yang kebetulan juga isteri wakil walikota Salatiga Jateng. Beliau berhasil menggugah para pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Salatiga dan pengurus PKK dari seluruh kecamatan kota salatiga berkumpul di Aula Pemkot Salatiga untuk mengikuti seminar “Pencegahan Kejahatan Seksual pada Anak”.

Seminar diisi oleh Nurul Hidayati, ketua umum PP Salimah dan Rusmiyati, ketua Dept SDM PP Salimah.  Peserta diajak untuk memahami  perlindungan yang harus diberikan pada proses tumbuh kembang anak oleh orangtua, masyarakat, pendidik, pemerintah dan negara. Peserta juga diajak menyaksikan film tentang bagaimana menerangkan pada anak bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain dan aneka kiat pencegahan kekerasan pada anak. Sekitar 150 peserta mengikuti kegiatan dengan antusias hingga pkl 12.30.

Seminar serupa diadakan di tempat yang sama dengan pembahasan dan pembicara yang sama dalam waktu yang berbeda dan audiens yang berbeda dihadiri 300 kaum ibu pengurus dan anggota Salimah datang pada pukul 13.30 sampai pukul 16.00 .

Semoga hadiah di Hari ibu ini membuat ibu-ibu semakin faham untuk bisa memberikan perlindungan yang terbaik bagi anak-anak terlebih kejahatan seksual pada anak sering kali terjadi di lingkungan terdekat dan orang-orang terdekat.