Makna “Ayo Kerja” Dirgahayu Indonesiaku

by

hut-RI-70Allahu Akbar .. Allahu Akbar .. Allahu Akbar
Bangkit Negeriku
Maju Bangsaku
Dirgahayu Indonesiaku.

SALIMAH,-  Indonesia, sebuah negara yang memasuki usia 70 tahun kemerdekaan. 70 tahun silam saat proklamasi kemerdekaan digaungkan adalah sebuah momentum yang penuh haru, rasa syukur yang membuncah atas kemerdekaan Indonesia. Perjuangan setelah resmi menjadi negara yang berdaulat, bukanlah perjuangan dalam bentuk peperangan fisik, namun berjuang dalam mewujudkan karakter bangsa yang lebih bermartabat.

Pemerintah kali ini mengusung tema “Ayo Kerja” dalam memperingati 70 tahun kemerdekaaan Indonesia. Menurut Ketua Umum Pempinan Pusat Salimah (Persaudaraan Muslimah), Siti Faizah, makna dari Ayo kerja adalah berbuat kebaikan, sebuah ajakan untuk produktif. Wanita yang lahir di Bangkalan ini mengajak para wanita agar lebih produktif dalam beramal sholeh, senantiasa bergandengan tangan untuk saling mengokohkan dan bekerjasama dalam membangun bangsa.

Perempuan dan kemerdekaan

Sejarah telah mencatat betapa pentingnya pengaruh wanita dalam kemerdekaan, wanita merupakan motor penggerak dalam kemajuan pembangunan sebuah negeri. Peran wanita dimulai dari keluarga¸menjadi seorang ibu yang merupakan titik awal pendidikan bagi para generasi penerus, mendidik anak-anak untuk memiliki pribadi yang bermoral yang akan menjadi aset berharga dalam keberlangsungan pembangunan sebuah bangsa. Selain itu peran seorang wanita adalah pendorong utama kinerja sang suami, penyemangat suami dalam melaksanakan tugas yang diemban. Keberhasilan seorang wanita dalam membangun keluarganya, sudah tentu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan di negeri yang kita cintai ini.

“Peran perempuan sangat penting dalam membangun kemandirian pada anak, memberikan dukungan kepada keluarga melalui inisiatif konstruktif dalam membangun keluarga yang produktif, sebagai contoh dalam menghadapi krisis air bersih, krisis pangan sehat, krisis ekonomi sampai krisis moral, sesungguhnya modal utama untuk bangkit bermula dari keluarga yang mampu memerankan dirinya dengan baik”, ungkap Ibu dari lima anak ini.

Kiprah Salimah untuk Indonesia

Persaudaraan Muslimah (Salimah), sebuah organisasi yang memiliki visi menjadi organisasi massa yang dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak ini telah berdiri sejak 15 tahun lalu, saat ini Salimah telah hadir di 33 Provinsi yang memiliki 285 Pimpinan Ranting di seluruh Indonesia.

Gerak nyata yang dihadirkan Salimah telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mulai dari program peningkatan ekonomi keluarga, bagaimana menghadirkan gaya hidup yang produktif bagi keluarga Indonesia.

Titik awal langkah Salimah bermula dari Forum Silaturahim Majelis Ta’lim yang bertujuan meningkatkan kualitas Majelis Ta’lim. Kemudian Salimah pun kian melebarkan sayap dakwah dengan mendirikan beberapa komunitas, diantaranya Komunitas Orangtua Bijaksana, Komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan dan komunitas Entrepreuner Perempuan, hingga mendirikan Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER).

“Salimah akan mengisi kemerdekaan dengan berpartisipasi dalam membangkitkan dan mengembalikan karakter bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mandiri”, tutur Wanita yang lahir 28 Juli 1969 ini disela keberangkatannya menuju Musyawarah Wilayah di Sumatra Barat.

Faizah pun menambahkan, bahwa dengan kekayaan yang dimiliki negara ini, merupakan potensi yang besar untuk bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, Salimah beserta seluruh komponen bangsa ini, akan terlibat aktif dalam membangun kemandirian bangsa.

(Ratna Sari)

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.