Salimah Bogor Secercah Sinar Bagi Perempuan

by

BOGORApa fungsi sebuah payung ? Rupanya dimata pengurus Salimah Bogor yang jeli, fungsi payung selain untuk berlindung dari air hujan dan terik matahari juga bisa untuk souvenir. Namun bukan sekedar payung yang ingin penulis angkat dalam tulisan. Lantas apa gerangan ? …..silakan ikuti paparan dibawah ini.

Cuaca mendung mengawal sepanjang jalannya acara Musyawarah Daerah (Musda) Pengurus Daerah (PD) Salimah Bogor sekaligus pemilihan pengurus baru periode selanjutnya. Acara dilangsungkan di Gedung M.U.I. Bogor, hari Minggu (18/1) dengan dihadiri semua Pengurus Cabang (PC), Penasehat dan sejumlah Pengurus Wilayah Salimah Jawa Barat.

Menarik ketika Dian Widiastuty sebagai Ketua memaparkan hasil kerja selama periode kepemimpinannya dengan dukungan penuh dari jajaran pengurus PD dan PC yang ada. Capaian kinerjanya menuai aplaus dari seluruh peserta sidang.  Dengan menduplikasi visi Salimah Pusat ‘Menjadi Organisasi Massa Muslimah yang dinamis dalam meningkatkan kwalitas hidup Perempuan Keluarga dan Anak Indonesia’, Tergambar dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) hampir semua program Salimah Pusat  periode 2010-2014 direasisasikan Salimah Kabupaten Bogor dibawah kepemimpinan Tuty, demikian akrab disapa.

Berikut capaian kinerja Salimah Kabupaten Bogor selama tahun 2010- 2014 :

1. Membina Single Parent hingga bisa mandiri ekonomi

2. Membentuk Komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan (MKRPL) dengan karya

nyata penanaman pohon dibantaran sungai.

3. Pemberantasan buta aksara Al Qur’an

4. Mendirikan Koperasi Serba Usaha ( Kossuma)

5. Sanitasi dengan Penyuluhan Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang Benar.

6. Wira Usaha dengan pelatihan berbagai bahan olahan mulai dari coklat hingga nugget

7. Kerja sama dengan Posyandu.

8. Menjadi motivator disejumlah pelatihan dan mewarnai Majelis Taklim yang ada.

Tak heran jika keberadaan Salimah di kota Bogor diperhitungkan masyarakat dan pemerintah setempat,  meski usia organisasi relatif masih muda. Terbukti dengan beberapa kali menjadi undangan VIP dalam acara yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten. Menjadi tak berlebihan jika Ketua Salimah Jabar Ani Rukmini yang sambutannya sempat dibacakan disidang oleh Ketua Bidang Pengembangan Daerah Nina Rostina, berpesan agar bisa dilanjutkan program program yang telah ada oleh pengurus berikutnya. Ani menggaris bawahi bahwa “kehadiran Salimah yang relatif masih muda ditengah organisasi lain mampu memberikan pelayanan dan membantu masyarakat dan tentu dalam bekerja bersinergi dengan pemerintah maupun elemen lain di masyarakat”.

Tiba acara selanjutnya dilakukan pemilihan calon Ketua Salimah baru melalui rapat formatur yang baru terbentuk. Alhamdulillah disepakati dengan suara bulat terpilih  Nurlelaturrohmah perwakilan dari PC Bojong Gede. Nurlela yang juga ustadzah mengatakan “Semua sudah rencana Allah, tugas saya sebagai Ketua terpilih berusaha keras untuk membawa organisasi kearah kebaikan. Saya yakin Allah yang akan membimbing sesuai Q.S.Al Ankabut ayat 69 yang mengatakan ‘Dan orang orang yang berjihad (untuk mencari keridloan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang orang yang berbuat baik’. Saya berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh PC Salimah Kabupaten Bogor”.

Kiranya sebongkah doa patut dipanjatkan agar Salimah Bogor dibawah kepemimpinan Laela, demikian biasa disapa, dengan modal pengalaman organisasi yang tinggi tambah berkibar di kota Bogor.

Penulis :  Frieda Kustantina, Pengurus Pengembangan Daerah Salimah Jabar (anggota)