Menu Click to open Menus
Home » Berita » Homecare Lansia Salimah sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga

Homecare Lansia Salimah sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga

(304 Views) November 25, 2016 10:36 am | Published by | No comment

picsart_11-25-10-09-03

Salimah Pangkalpinang mendapat kepercayaan dari Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai mitra pelaksana program pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di rumah. Kegiatan ini telah berlangsung sejak bulan Oktober 2016 dan akan dilakukan hingga Desember 2016. Sebanyak 55 lansia di Kota Pangkalpinang mendapat bantuan melalui program tersebut. Hal ini sejalan dengan misi Salimah yaitu meningkatkan peran serta Salimah dalam upaya peningkatan kualitas perempuan .

Sepuluh orang pendamping dari Salimah melakukan pendampingan sebanyak 40 kali kunjungan pada 55 orang lansia yang tersebar di beberapa kecamatan di kota Pangkalpinang antara lain, Kecamatan Gerunggang, PangkalBalam,Taman Sari, Bukit Intan, dan Gabek. Para lansia dikunjungi oleh pendamping untuk membantu pemenuhan kebutuhannya fisik dan sosialnya. Mereka yang menjadi target kunjungan adalah yang masuk kategori miskin dan tidak tinggal di panti jompo. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya risiko sosial bagi lanjut usia, memberikan rasa nyaman dan aman untuk tetap di lingkungan keluarganya.
Bentuk perawatan yang diberikan selama kunjungan diantaranya seperti pemberian paket-paket untuk membantu penuhan kebutuhan fisik dan ruhiyah merek, seperti sembako, kebutuhan MCK harian (sabun, pasta gigi, detergen, dll), pakaian, selimut dan perlengkapan ibadah (mukenah, sajadah, jilbab, dll), makanan tambahan (buah-buahan, susu, madu, dll). Para lansia juga diajak melakukan kegiatan yang menyenangkan dan produktif bagi mereka, membantu para lansia dalam melaksanakan aktivitas rutin sehari-hari, melatih para lansia untuk dapat mandiri mengurus kebutuhan harian serta memudahkan akses pemeriksaan kesehatan bagi mereka dengan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tensi darah.

Kelompok usia lanjut (lansia) termasuk kelompok umur yang membutuhkan perhatian khusus dari segi kesehatan fisik dan kesehatan rohani. Kemampuan aktivitas fisik yang semakin terbatas dan berbagai risiko kesehatan akibat penyakit degeneratif merupakan hal yang paling sering terjadi pada lansia, sehingga mereka memerlukan pendampingan dari orang-orang terdekat mereka dan masyarakat, agar mereka dapat tetap produktif dan menikmati kualitas hidup yang baik.

Usdi ningsih
Humas PD Salimah Pangkalpinang Bangka Belitung

This post was written by Humas Salimah
About

Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Categorised in:

Comment Closed: Homecare Lansia Salimah sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga

Sorry, comment are closed for this post.