Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

by

 

krplImpian & Semangat Pengurus PD Salimah Karimun (PW Kepri) dalam mewujudkan Program KRPL, tertuang dengan berbagi ilmu kepada Ibu-ibu tim penggerak PKK Kec. Meral Kab. Karimun, dengan tema “Pemanfaatan lahan rumah melalui sistem penanaman Hidroponik”.

Dalam kesempatan pertemuan rutin bulanan, 4/4/16 di Gedung Serba Guna Kel. Baran Barat dan sebagai tuan rumah adalah Kel. Meral kota, TP PKK Kec. Meral yg terdiri dari: 6 TP. PKK kelurahan (Parit Benut, Sei. Raya, Sei. Pasir, Baran Barat, Baran Timur & Meral Kota) sangat tertarik mendengarkan pemaparan materi yang diawali dengan games kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh ibu Nur’ainun, SE yg akrab disapa mb Ain Bid. Ekonomi PD Salimah Karimun.

Beliau mengajak para ibu-ibu TP. PKK untuk menanam terutama sayuran tanpa menggunakan lahan yang luas tapi banyak manfaat yang diperoleh dengan cara sistem Hidroponik, diantaranya:
◎ mengurangi pengeluaran ekonomi yang sebulan kita hrs mengeluarkan untuk konsumsi sayur ± Rp. 750.000 wilayah kepri, bisa dialihkan untuk membeli kebutuhan yang lain
◎ aman dari penggunaan pestisida, sayuran lebih cepat besar dan lebih sehat

Ibu Sulastri, S.Tp selaku Ketua TP. PKK Kec. Meral mengharapkan ilmu yang didapat bisa langsung direalisasikan baik di rumah masing2 anggota maupun pada Program Kerja Pokja III (mengelola Program pangan, sandang, perumahan & tata laksana rumah tangga) untuk mewujudkan:
– ketahanan keluarga bid. Pangan sesuai dg UU no. 07 Th 1996,
– Menumbuhkan kesadaran anggota untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, berimbang (3B), yang aman & berbasis sumber daya lokal.
– Mengusahakan pemanfaatan lahan baik darat maupun air, minimal untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, serta
– Memantapkan Gerakan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK).

Humas PW Kepri

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.