Kepedulian Salimah Banyumas di Daerah Bencana

by

PicsArt_07-04-07.33.58Banyumas (1/7/16). Duka akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada pertengahan Juni 2016 masih sangat terasa. Dari data BPBD, banjir di kecamatan tambak menyebabkan ratusan rumah di desa Kamulyan, Buniayu, Watuagung, dan Prembun terendam. Desa Kamulyan kecamatan Tambak terdampak paling parah. Budi Setyo Utomo, kepala desa Kamulyan mengatakan, “Puluhan rumah terendam air, sekitar 37 rumah rusak, dan 4 rumah hanyut tanpa ada yang tersisa. Namun kami tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa.”

Salimah Kab. Banyumas, melalui program Pos Penanganan Musibah dan Bencana (P2MB) menghimpun donasi dan menyalurkan bantuan kepada warga RT 01 dan 02 RW 01, Desa Kamulyan Kec Tambak. Kegiatan ini merupakan penyaluran bantuan tahap kedua. Tahap pertama diberikan di desa Selandaka Sumpiuh. Penyaluran bantuan dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Juli 2016. Kegiatan yang dimulai sejak pagi ini, antusiasme didatangi para korban baik dari kalangan Ibu-ibu, Bapak-bapak, bahkan sampai anak-anak. Kegiatan dihadiri juga oleh kepala Desa Kamulyan beserta aparat desa lainnya.

Paket bantuan P2MB terdiri dari: 10 paket kompor dan gas, 20 kasur lantai, 20 tas dan peralatan sekolah, 20 paket alat kebersihan dan perlengkpan wanita, serta paket makanan lebaran. “Paket bantuan yang terhimpun berasal dari Salimah Kab Banyumas, Pimpinan Pusat Salimah, dan para donatur yang budiman diantaranya dari alumni Unsoed Fisip Administrasi Negara ‘90” Tegas Musyifah Yuniati, S.Sos selaku koordinator kegiatan.

“Dengan bantuan ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban para korban bencana. Apalagi menjelang idul fitri dan disusul tahun ajaran baru bagi anak sekolah. Pemberian paket kompor lengkap plus gas bisa langsung digunakan untuk memasak. Tidak hanya itu, diharapkan juga anak-anak pun lebih bersemangat dalam menghadapi tahun ajaran baru dengan paket tas dan perlengkapan sekolah yang kami berikan.” Ungkap Dyah Wahyuningsih, Mkep selaku ketua Salimah Kab. Banyumas.

 

Tidak ada yang lebih membahagiakan dibanding melihat sinar kebahagiaan yang terpancar dari wajah-wajah mereka. Dan Salimah Kab. Banyumas bersama Pimpinan Cabang (PC) Salimah kec. Tambak pun berencana ada program berkelanjutan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas hidup para warga disana khususnya . Semoga Allah SWT memudahkan langkah-langkah kami dalam kebaikan, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. 💞