Masyarakat yang Cerdas yang Mampu Melindungi Dirinya Sendiri

by

IMG-20160306-WA0001Peran masyarakat sebagai pengguna produk sangatlah besar. Masyarakat adalah penentu akhir apakah suatu produk akan dikonsumsinya atau tidak. Pengawasan oleh masyarakat merupakan salah satu pilar dari 3 pilar pengawasan, selain pengawasan oleh pemerintah dan pengawasan oleh pelaku usaha. Oleh karena itu pemberdayaan masyarakat juga sangat diprioritaskan oleh Badan POM. Masyarakat yang cerdas akan mampu melindungi dirinya sendiri dan memilih produk yang memenuhi syarat dan sesuai dengan kebutuhannya.

IMG-20160306-WA0000Disadari bahwa tugas dan tanggung jawab pengawasan yang harus dilakukan oleh Badan POM semakin luas, kompleks dengan perubahan lingkungan strategis yang semakin dinamis serta tidak dapat diprediksikan. Dalam melakukan pengawasan dengan lingkup yang luas dan kompleks tersebut, Badan POM tidak mungkin berperan sendiri, diperlukan kerjasama yang lebih efektif dan terus menerus dengan seluruh komponen bangsa ini.

“Peranan ormas perempuan seperti SALIMAH, dapat memperkuat kerangka tujuan global Sustainable Development Goals (SDG’s) terutama dalam hal mengurangi kemiskinan (poverty), ketahanan pangan (food), kesehatan (health), pendidikan (education) dan pemberdayaan perempuan (woman) serta peningkatan perekonomian mikro (economy), ungkap Kepala Badan POM RI Roy A Sparringa pada acara Rakornas Salimah, sabtu,5 Maret 2016 di Hotel Balairung Jakarta.

Lebih lanjut disampaikan Roy bahwa Salimah sebagai ormas perempuan dengan struktur organisasi hingga ke tingkat kabupaten/kota, diharapkan Salimah dapat bekerjasama dengan Badan POM dan Balai Besar/Balai POM di 32 provinsi sebagai agent of change dalam pemberdayaan masyarakat, dimulai dari dalam keluarganya hingga ke tingkat yang lebih luas lagi yaitu masyarakat dan negara. Dengan harapan dapat menghasilkan pelaku usaha-pelaku usaha yang dapat memproduksi pangan yang aman,sehat bermutu.

Salimah merupakan suatu organisasi perempuan yang telah tertata secara profesional dan kuat serta dengan perannya untuk meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia dengan fokus pada program sosial, pendidikan dan ekonomi termasuk didalamnya terdapat urusan obat dan pangan.

Tentunya keberhasilan dari apa yang telah dirintis oleh SALIMAH dapat menjadi model bagi ormas-ormas perempuan lainnya guna percepatan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Badan POM siap mendampingi Salimah terkait capacity building sumber daya manusia di SALIMAH.

Kaum perempuan terkadang masih dianggap sebagai orang kedua dalam strata kemasyarakatan (setelah pria), namun jika diukur dari potensi yang dimiliki, kaum perempuan justru memiliki peluang yang sangat besar dan kuat dalam mencetak generasi Indonesia yang hebat. Kita tentu pernah mendengar bahwa Ibu adalah sekolah atau pendidik pertama bagi anaknya. Apabila ibu dapat menyiapkan anak-anak berkualitas, berarti telah menyiapkan bangsa yang berkepribadian. Kaum perempuan juga memiliki peran produktif dimana perempuan dapat melakukan karya-karya produktif dengan berbagai profesi yang dimilikinya untuk menghasilkan, baik jasa maupun pendapatan serta memiliki peran sosial yang salah satunya sebagai penggerak pemberdayaan masyarakat sekitarnya.