Salimah Gunungkidul Mengajak Orang Tua Menjadi Sahabat Anak dalam Seminar Parenting

by -857 views

Wonosari- Pimpinan Daerah Salimah Gunungkidul menggelar Seminar Parenting yang mengusung pembicara handal di bidang pengasuhan anak dan konselor keluarga, Ustaz Cahyadi Takariawan dan dosen Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Nina Situmorang, pada Sabtu (24/12) di Bangsal Swokoprojo.

Seminar yang mengusung tema “My Parents, My Friends” ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan akan kondisi informasi bebas yang dapat menggerus nilai-nilai luhur yang menjadi kearifan lokal bila disalahgunakan. Era globalisasi yang tidak terfilter dengan baik akan berdampak negatif terutama terhadap kepribadian akan-anak maupun generasi muda.

“Nantinya Ibu-ibu akan dididik untuk menjadi filter utama bagi anak-anaknya saat bermain medsos ataupun berselancar di dunia maya. Supaya tidak kebablasan dan tetap menjaga etika dan moralnya,” tutur Eni Trianti Yuliana, salah satu panitia seminar.

“Agar bisa berefek maksimal, tentunya diperlukan pendekatan-pendekatan khusus terhadap anak maupun remaja. Dengan pendekatan yang baik, maka si anak bisa terbuka terhadap orang tua. Seminar ini mengupas strategi-strategi, tips, langkah dan pendekatan maka seorang ibu bisa terlatih dalam melakukan upaya mengedukasi, mengarahkan dan memecahkan permasalahan anak. Harapan kita, ibu sebagai orang terdekat nantinya bisa berperan sebagai sahabat bagi anak-anaknya” imbuhnya.

RN-Humas Salimah