10 MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN

by

pisang

 

 

 

 

 

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang tak pernah hilang di pasaran. Negeri kita kaya dengan jenis pisang, yang tak pernah membosankan untuk dikonsumsi, baik dimakan langsung atau dalam bentuk olahan. Pisang merupakan salah satu makanan yang kaya dengan vitamin dan mineral, sehingga makan pisang secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.

MANFAAT PISANG

  1. Sumber energi

Pisang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Makan 2-3 buah pisang untuk sarapan di pagi hari mencukupi energi untuk aktivitas sampai siang hari. Pisang juga mengandung cukup serat sehingga dapat menjaga rasa kenyang cukup lama.

  1. Melancarkan pencernaan

Kadar serat dan mineral dalam buah pisang mampu memperbaiki fungsi pencernaan, melancarkan buang air besar. Buang air besar teratur akan membersihkan usus besar, sehingga dapat terhindar dari penyakit-penyakit usus besar, termasuk kanker usus besar

  1. Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi terjadi karena kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah sangat banyak. Kondisi ini terjadi pada diare, muntah-muntah berat dan olahraga berat. Kalium yang dikandung buah pisang merupakan salah satu ion penting yang sering hilang dalam kasus dehidrasi, tentu dibantu dengan asupan cairan yang memadai.

  1. Melancarkan peredaran darah

Pisang mengandung potassium yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah ke otak, dapat meningkatkan konsentrasi, mencegah berkurangnya daya ingat. Lancarnya peredaran darah ke jantung dapat mencegah hipertensi dan penyakit jantung koroner.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ini adalah manfaat pisang yang baru saja diteliti di University of Michigan. Seperti dikutip dari Softpedia (23/10/15), para peneliti dari kampus yang terletak di Amerika Serikat tersebut dilaporkan mengolah senyawa protein yang juga dikenal dengan nama Banana Lectin (BanLec) atau lektin pisang menjadi obat yang disebut H84T. Senyawa ini diklaim mujarab melawan virus HIV, influenza, hepatitis C dan flu burung. Banlec tampil untuk melawan sejumlah virus agresif. BanLec menempel pada molekul gula yang mengeluarkan virus dari sel, dan dapat mencegah infeksi. Meskipun penelitian ini menyatakan bahwa khasiat antivirus pisang diperoleh dengan proses injeksi, namun tak ada salahnya anda mengkonsumsi pisang untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim pancaroba dengan potensi penyakit yang makin beragam.

  1. Mencegah kram otot Kalium merupakan ion penting dalam proses kontraksi dan relaksasi otot.

Kekurangan kalium dapat memicu kram otot berulang, terutama pada malam hari. Keluhan ini sering dialami ibu hamil di trimester akhir. Konsumsi pisang secara terarur dapat mengatasi kram otot berulang.

  1. Menghaluskan kulit

Pisang dapat dipakai sebagai masker, dengan dihaluskan, dicampur sedikit madu, dapat membuat kulit lebih lembab, kenyal dan cerah. Bahkan dapat mengatasi jerawat ringan.

  1. Memperbaiki fungsi syaraf, mengurangi kesemutan.

Vitamin B1, B6, B12 biasa dijuluki neurotropik, vitamin yang menopang kesehatan syaraf. Selain vitamin tersebut, kandungan mineral seperti magnesium dan zinc juga beriringan membantu vitamin neurotropik menguatkan syaraf.

Gejala kerusakan syaraf ringan biasanya dirasakan sebagai kesemutan, umumnya diawali di ujung-ujung jari. Kadang-kadang ada rasa tebal, kesulitan merasakan panas dan dingin, kasar dan halus, hingga mati rasa.

Konsumsi pisang oleh ibu hamil dapat menguatkan otak dan syaraf janin yang dikandung, karena kandungan asam folat dan neurotropik yang lain.

  1. Menguatkan tulang

Makan 4 buah pisang mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Kita ketahui bersama bahwa kalsium merupakan mineral penting dalam proses pembuatan tulang. Selain kalsium, pisang juga mengandung vitamin D, yang akan diaktivasi oleh sinar matahari, membangun kekuatan tulang dalam proses remodelling yang terjadi secara berkala.

10.Mengatasi rasa depresi

Pisang dapat mengurangi stres dan depresi karena kandungan asam triptophannya yang diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang mampu mengubah suasana hati. Ketika stres, jantung cenderung berdetak lebih kencang dan membuang banyak kalium di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi pisang, maka akan meningkatkan kembali kadar kalium dalam tubuh serta melancarkan pengiriman oksigen ke otak. Kadar glukosa dalam darah juga akan diatur oleh vitamin B6 yang terkandung dalam pisang, sehingga akan mengubah mood.

  1. Yulia Andani Murti

Dept. Pendidikan PP Salimah

RelatedPost

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.