Menu Click to open Menus
Home » Dunia Perempuan » Pernak Pernik Perempuan » Tips Membakar Lemak secara Alami

Tips Membakar Lemak secara Alami

(1380 Views) April 18, 2016 10:20 am | Published by | No comment

membakar

Membakar lemak secara alami merupaka salah satu upaya menurunkan berat badan. Sarana yang memberikan banyak manfaat, selain menurunkan berat badan juga melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan berimbas pada tampilan kulit yang bercahaya (glowing) dan segar kemerahan. Peredaran darah yang lancar juga akan memperbaiki fungsi organ, setidaknya mempertahankan supaya organ-organ tubuh awet sampai tua.

  1. Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah, murah dan sangat efektif. Lakukan minimal 30 menit per hari untuk mendapatkan efek pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Jalan kaki santai dapat membakar sekitar 200-250kal/jam, jalan kaki cepat dengan kecepatan sekitar 6km/jam dapat membakar 500kal/jam, sedangkan berlari membakar paling banyak, yaitu 700kal/jam.

Namun harus diperhatikan bahwa lari sebaiknya tidak lagi dilakukan saat usia mencapai 40 tahun, mengingat impact yang besar pada sendi dapat memicu radang sendi (osteoarthritis). Demikian juga mereka yang mengalami obesitas sebaiknya mengurangi olahraga lari, karena beban berat badan akan memforsir sendi lutut, tumit dan panggul.

  1. Aerobik adalah olahraga yang sangat menyenangkan dengan hasil yang menyeluruh, upayakan seluruh otot bergerak dalam olahraga ini, dari leher hingga tumit. Jangan lupa selalu melakukan pemanasan dan pendinginan untuk menghindari cedera otot. Otot yang kuat akan menyangga sendi, sehingga sendi dapat terhindar dari proses penuaan dini. Aerobik juga melancarkan peredaran darah dan melatih kekuatan otot jantung.

Aerobik sedang dapat membakar 400-420kal/jam, sementara aerobic yang lebih bertenaga dapat mebakar sekitar 500kal/jam. Lakukan dengan gembira untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Karena hormon bahagia akan memperbaiki kinerja dan fungsi otot jantung dan pernafasan.

  1. Bersepeda dapat membakar 450 kalori per jam. Dengan kecepatan standar 22-24km/jam. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu selama setidaknya satu bulan untuk mencapai efek yang diinginkan.

Jangan lupa selalu menyiapkan air putih untuk menggantikan cairan yang terbuang bersama keringat

  1. Berenang merupakan olahraga yang sangat dianjurkan, terutama untuk usia di atas 40 tahun, di mana sendi-sendi, utamanya sendi lutut dan panggul sudah mulai aus. Berenang selain sangat baik untuk kebugaran tubuh, juga sangat baik untuk mencegah osteoarthritis (radang sendi).

Aktivitas renang membakar 400-500 kal/jam. Gaya bebas adalah gaya renang yang paling tinggi pembakaran kalorinya, hampir seluruh bagian otot bergerak aktif pada gaya ini, sehingga selain membakar kalori, renang gaya bebas juga mampu membentuk dan menguatkan otot-otot gerak dalam tubuh.

  1. Berkebun merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan cukup membakar kalori. Berkebun ringan, menyiram dan memanan di pot, menghabiskan 250 kal/ jam, sedangkan berkebun sedang seperti membogkar dan mengaduk tanah dalam pot dapat membakar 350kal/jam. Sedangkan berkebun berat seperti mencangkul dapat membakar 500kal/jam, setara dengan jogging.

Pantaslah para petani di desa tubuhnya atletis dan awet sehat sampai tua.

  1. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel lantai, mencuci, adalah aktivitas fisik yang dapat membakar lemak secara alami.
  1. Perbanyak minum air putih
  2. Konsumsi suplemen pembakar lemak

tabel fat burning

dr.Yulia

Penulis : dr. Yulia Andani Murti,  Dept. Pendidikan PP Salimah

 

This post was written by Humas Salimah
About

Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

Comment Closed: Tips Membakar Lemak secara Alami

Sorry, comment are closed for this post.