Mengenal sosok Ibunda Sayyidah Khadijah

by

IMG-20160305-WA0000

Kita mengenal Khadijah sebagai istri pertama Rausullah saw. yang mendampingi beliau saw dari awal sebelum diangkat menjadi Rasulullah saw. Banyak hal yang dapat kita ambil teladan dari ibunda Khadijah, salah satunya adalah sebagai wanita penggiat bisnis. Peran inilah yang mengantarkannya berjumpa dan mengenal sosok agung Muhammad saw. Kelebihan beliau diantaranya,

  1. Wanita yang paling mulia dari penghuni syurga;

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Abdullah ibn Abbas R.A berkata: Rasulallah Shalallah Alaihi Wa sallam menggaris empat garisan diatas tanah dan berkata “Apakah kalian semua mengetahui apa ini.?” maka para sahabat menjawab Allah dan Rasulallah lah yang lebih tau, maka bersabda Rasulallah SAW: “Paling mulia wanita penghuni syurga ialah

1.Khadijah bintu Khuwailid 2.Fathimah bintu Muhammad 3.Maryam bintu Imran 4.dan Asiyah bintu Muzahim istri firaun”

  1. Pengagungannya terhadap Rasulallah Shalallah Alaihi Wa sallam dan percaya dengan kata kata Rasulallah Shalallah Alaihi Wa sallam sebelum dan sesudah diutusnya Rasulallah sebagai Rasul.
  2. Pengkhususan dirinya yang mendapatkan salam dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala

telah datang Malaikat Jibril kepada Nabi SAW dan mengatakan: “Wahai Rasulallah, inilah Khadijah. Ia akan datang padamu dengan membawa wadah yang berisi makanan atau minuman, maka apabila ia datang sampaikanlah padanya salam dari Tuhannya Allah Azza Wa Jalla dan dariku, dan berikanlah kabar gembira untuknya bahwa Allah  Subhanahu Wa Ta’ala membuatkan untuknya rumah di syurga yang terbuat dari kayu dan tenang (tidak bising) dan tidak membuat lelah penghuninya”.

ketika disampaikan oleh Rasulallah Shalallah Alaihi Wa sallam padanya, ia menjawab: “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala dialah As Salam (Maha Penyelamat) dan dari Allah- lah salam (keselamatan) dan atas Jibril salam dan atasmu (Rasulallah) salam dan rahmat Allah dan keberkahanNYA.

  1. Banyaknya pujian dari Nabi Shalallah Alaihi Wa Sallam dan sering menyebutkannya dan sangat mencintainya.

Dari Aisyah R.A berkata: “Dahulu Nabi SAW apabila menyebutkan nama Khadijah selalu memujinya dengan pujian yang baik, Aisyah berkata: “Maka di suatu hari aku cemburu dan aku berkata pada Rasulallah SAW: Telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala gantikan seseorang yang lebih baik darinya, Maka Rasulallah SAW bersabda: “Tidak ada yang digantikan oleh Allah Azza Wa Jalla seorang yang lebih baik darinya, dia telah beriman kepadaku ketika manusia mengkufuriku dan ia jujur kepadaku ketika manusia mendustakanku, dan ia merelakan hartanya yang ia miliki di jalanku ketika manusia mengharamkannya dariku, dan AAllah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberikanku rizki anak darinya dimana aku tidak diberikan dari selainnya” (HR. Ahmad)

  1. Baiknya Rasulallah kepada teman-teman Khadijah RA, setelah Khadijah wafat.

Dari Aisyah mengatakan: “Terkadang Rasulallah SAW apabila menyembelih seekor kambing kemudian memotong bagian-bagiannya dan kemudian mencari sahabat istrinya (Khadijah) dan memberikan potongan daging tersebut kepada mereka.”

terkadang Aisyah sampai mengatakan kepada Rasulallah SAW: “Seakan akan tidak ada istri didunia kecuali Khadijah.” Maka dijawab oleh Rasulallah SAW; bersabda dengan memuji Khadijah: “Sesungguhnya ia(Khadijah) begini dan dahulu begini (memujinya) dan darinya lah aku mendapatkan anak(keturunan)”.

Karir Bisnis Khadijah

  1. Seorang pengusaha yang memilikin mentalitas wirausaha,
  2. Memiliki modal dan pandai mengelolanya,
  1. Mempunyai kemampuan merekrut karyawan dan mitra kerja,
  2. Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha bisnisnya

Meneladani Khadijah sebagai Pebisnis

  1. Mengubah mindset tentang pengertian modal
  2. Bermental wirausaha
  3. Tanggap melihat peluang
  4. Menjalin mitra dan merekrut karyawan
  5. Mengelola merusahaan dengan baik
  6. Letak dan iklim usaha

Semoga kita dapat meneladani sosok ummul mukminin 1 ini, dalam hal bisnis sehingga kita dapat menjadi perempuan yang juga dapat turut serta memperkuat ekonomi umat

Ir. Etty Pratiknyowati

Ketua Dept Ekonomi PP Salimah

 

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.