Kajian Quran Rutin Salimah Kudus

Salimah.or.id, Kudus – Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kabupaten Kudus kembali mengadakan Baitul Qur’an Salimah (BQS) pada Ahad (05/11/2017), bertempat di Aula PAUD IT Al Ikhsan Kudus Jawa Tengah. Program BQS Kudus meliputi bimbingan tahsih tilawah dan kajian Al Qur’an. Melalui acara ini Salimah menanamkan nilai Islam kepada kaum perempuan.

Acara diawali tahsih tilawah dibimbing oleh Ustadzah Nihayah, untuk memperbaiki dan membaguskan bacaan Al Qur’an dengan baik dan benar. Dilanjutkan dengan kajian Qur’an Tafsir Al Qur’an Surat An Naba oleh Ketua Bidang Dakwah PD Salimah Kab. Kudus, Hj. Lathifah Munawarah. Da’iyah muda jebolan magister syariah salah satu universitas di Kuwait ini mengawali materinya dengan menyampaikan gambaran umum kandungan Surat An Naba ayat 17 s.d. 30 yaitu tentang orang-orang yang tidak beriman dan kondisinya di akhirat nanti.

Dalan kajiannya Hj. Lathifah Munawarah menuturkan,” Yaumul fashl atau hari keputusan adalah suatu waktu yang telah ditetapkan, tidak dapat dimajukan atau diundur sedikit pun. Pada hari itu ditiup sangkakala sehingga seluruh manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan Allah dan datang dengan berkelompok-kelompok. Allah membangkitkan manusia dari tulang ekor. Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah Muhammad SAW riwayat dari Muslim, “Ada bagian tulang dalam tubuh manusia yang bumi tidak akan pernah hancur dan darinya tubuh yang baru akan dibentuk kembali (pada hari kiamat). Para sahabat bertanya,”Wahai Rasulullah, tulang apa itu?” Kemudian beliau bersabda, “tulang ekor.”

“Pada hari kiamat gunung-gunung dijalankan bagai sebuah fatamorgana Dan sesungguhnya neraka Jahannam sudah bersiap-siap mengintai orang-orang yang melampai batas. Siapakah orang-orang yang melampaui batas itu? Mereka adalah orang-orang yang melanggar semua rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT,” lanjutnya. Penghuni neraka tidak dapat merasakan udara sejuk di dalamnya dan tidak pula mencecap minuman kecuali air panas yang menggelegak dan nanah sebagai balasan yang sesuai dengan amal mereka yang buruk. Hal itu dikarenakan mereka dahulu tidak mempercayai akan adanya hari perhitungan dan mendustakan ayat-ayat Allah. Semoga Allah selalu menjaga kita agar berada dalam jalan kebaikan.

(Dewi Kurniawati)

Contact Person :
Dewi Kurniawati (Humas PD Salimah Kab. Kudus- 0856 4051 2404)
Lathifah Munawarah (Narasumber, Kabid Dakwah PD Salimah Kab. Kudus- 0896 7412 1190)

Share Button

Related Posts

Salimah Balikpapan Mendidik Anak Tangguh di Era Ciber

Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Balikpapan bekerja sama dengan Inisiatif ...

Learn more

Related Post