PD Salimah Banjarmasin Meresmikan Komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan di momen Car Free Day.

by -2344 Views

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Banjarmasin meresmikan salah satu program unggulan, KPSPL (Komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan) yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ibu di pelataran samping Anno Siring Piera Tendean Banjarmasin, Ahad 24/12/17.

Tempat strategis ini dipilih karena merupakan central kegiatan Car Free Day dan Wisata susur sungai yang sangat diminati siapapun yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Dalam sambutannya Rimalia selaku Ketua PD Salimah Banjarmasin menjelaskan tujuan diselenggarakannya KPSPL, “Berangkat dari keprihatinan terhadap berbagai permasalahan kesehatan dan lingkungan antara lain penyakit infeksi yang masih tinggi, penyakit degeneratif dan mematikan yang kian berkembang, virus HIV Aids dan LGBT yang semakin masif menghancurkan keluarga, gaya hidup yang kurang sehat ditambah dengan kerusakan lingkungan yang melingkupi Indonesia, khususnya Banjarmasin maka PD Salimah Banjarmasin menginisiasi lahirnya komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan (KPSPL) di Propinsi Kalimantan Selatan”.

Setelah sukses dengan program Grup Parenting melalui WhatsApp berupa Komunitas Orangtua Bijaksana yang kemudian melahirkan beberapa Grup Parenting yang diasuh PD Salimah Banjarmasin. Maka Dalam waktu dekat, sebagai rintisan KPSPL ini PD Salimah Banjarmasin akan membentuk Grup KPSPL melalui WhatsApp yang fokus pada hal-hal yang terkait kesehatan dan lingkungan,” Jelas Rimalia.

Acara Launching diresmikan langsung oleh Ketua PW Salimah Kalimantan Selatan, Dahliani yang menyambut gembira lahirnya KPSPL dengan menerima 1 bibit Pohon Sirsak dari Ketua PD Salimah Banjarmasin. Selanjutnya secara simbolik dibagikan bibit tanaman kepada Ibu Barniah selaku Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia yang turut serta hadir dalam kegiatan Launching.

Dalam Launching KPSPL PD Salimah Banjarmasin membagikan 100 bibit tanaman pohon sirsak madu dan cabe kepada pengunjung Car Free Day yang juga berasal dari Propinsi Kalteng dan Kaltim. Pengunjung Car Free Day menyambut hangat dan menyatakan kegembiraannya serta salut terhadap kegiatan yang dilakukan PD Salimah Banjarmasin.

Serangkaian Launching KPSPL ini dimeriahkan pula oleh Pemeriksaan Tekanan Darah gratis, Konsultasi Kesehatan, dan Penyuluhan Kesehatan tentang Gerakan Masyarakat Sehat yang langsung disampaikan Rimalia. Pengunjungpun dimanjakan dengan sarapan pagi gratis dan pembagian bunga ungu yang dibuat oleh pengurus PD Salimah Banjarmasin.

Sebagian peserta launching antusias mendaftar langsung sebagai anggota dan menginginkan PD Salimah Banjarmasin hadir di tengah-tengah mereka dengan berbagai program menarik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Endah Humas Media Salimah Banjarmasin Kalsel (Fdh)