Salimah NTT Beri Pelatihan Kompetensi Guru RA se-Kabupaten Ende

by

Dalam rangka Deklarasi dan Pelantikan Pimpinan Daerah Persaudaraaan Muslimah (Salimah) Kabupaten Ende diselenggarakan Pelatihan Kompetensi Dasar Guru Raudhatul Atthfal se-Kabupaten Ende, di Sekolah Raudhatul Atthfal Al Hikmah Ende, Sabtu 28/10/17. Dihadiri  lebih dari 70 orang yang terdiri dari para calon pengurus PD Salimah Kabupaten Ende dan pengurus Ikatan Guru Raudhatul Atthfal (IGRA).

“Semua peserta pelatihan ini perempuan, yang kami tangani anak-anak Indonesia dan kamipun punya keluarga. Jadi kami menganggap Salimah sangat tepat mengisi materi di pelatihan ini dan mumpung Salimah ada di Ende,” kata Dewi, panitia penyelengara.

Ketua Departemen SDM PW Salimah Nusa Tenggara Timur Fitriningsih Amalo hadir sebagai pemateri mengusung tema “Pengembangan Potensi Diri”. Mengawali materinya, Fitriningsih mengingatkan peserta akan  sabda Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya dan barangsiapa mengenal Tuhannya maka binasalah (fana)dirinya. Fungsi perempuan yang perlu dipahami yakni sebagai hamba Allah, sebagai anak dan saudara dalam keluarga, sebagai ibu dan istri, dan sebagai anggota masyarakat,” ujar Fitriningsih.

Fitriningsih mengajak peserta pelatihan menggali potensi diri mereka dengan metode SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats. Hal ini diharapkan dapat membantu peserta mengenali kekuatan/potensi, kelemahan, peluang dan ancaman diri masing-masing.

“Tidak ada manusia yang tidak mempunyai potensi diri, Ketika bisa mengenali dan mengembangkannya maka sangat berdampak positif terhadap diri sendiri dan tentunya akan sangat membantu dalam melaksanakan fungsi-fungsinya”,  tambahnya.

Di akhir acara, Fitriningsih menyampaikan kesediaan Salimah jika kelak diminta untuk mengisi kegiatan semacamnya. “Saya mewakili Salimah meminta maaf sekiranya materinya tidak memuaskan Ibu-ibu, berharap Allah mempertemukan kembali di acara seperti ini, Salimah siap jika esok lusa IGRA undang lagi,” ujarnya yang diamini oleh para peserta.

Gusnawati Humas NTT (FDH)

Related Post

About Author: Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.