Peran Salimah dalam Meningkatkan Kualitas Perempuan Indonesia

by

Berbagi kisah sukses dari pengurus Salimah di hadapan pengurus Departemen Pendidikan Salimah yang lain dari seluruh Indonesia merupakan salah satu mata acara dari rangkaian acara Lokakarya Nasional Salimah hari ke 3 dan terakhir, Ahad. Dalam kesempatan ini, PD Sukabumi, Kota Bekasi dan PW Kalsel menyampaikan berbagai capaian dan usaha yang dilakukan.

Ketua PD Salimah Kab Sukabumi, Santi menyampaikan, Salimah sudah dipercaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik swasta maupun kepemerintahan. Bahkan kerap diminta untuk  menjadi pembicara di berbagai acara diantaranya PT Pratama, Pemda Dinas Sosial dan Perhubungan, PKK, PAUD.

Selain itu PD Salimah Kab Sukabumi juga mendapat rekor MURI ‘Membagikan 1000 pompa dan botol ASI’ diberikan kepada para pekerja perempuan di Kab Sukabumi.

Bidang Pendidikan sudah memiliki 137 motivator dengan 180 Sister yang memiliki 4400 anggota. Berharap ke depan Sister dapat hadir di tiap RW di Kab Sukabumi.

Siti Muimas selaku ketua dept Pendidikan PW Salimah Kalimantan Selatan berbagi kisah capaian utamanya mengenai Komunitas Orang Tua Bijaksana (KOB). Bekerjasama dengan Himpaudi (himpunan guru PAUD) menyelenggarakan seminar parenting yang rutin dilaksanakan. Salimah Banjarmasin juga selalu bersinergi dengan Pemda setempat. Sejak diresmikan KOB, banyak perhatian dan permintaan dari masyarakat yang notabene orang tua untuk mendapat ilmu parenting. Untuk itu beberapa kegiatan dilaksanakan di antaranya, Seminar online melalui group whatsapp, konsultasi anak dan keluarga, menjadi pembicara di berbagai seminar parenting yang dilaksanakan oleh masyarakat, juga sebagai pembicara di radio Madinatussalam Banjarmasin. Materi yang didiskusikan diantaranya Mendidik Anak di Era Digitap, Sirah yang dikaitkan dengan pendidikan anak dan sebagainya. Dengan beragamnya kemampuan SDM Pengurus di PW Salimah Kalsel dan kepemimpinan di bawahnya, menjadikan materi diskusi menjadi beragam.

Atik Sulstiati Ketua PD Salimah Kota Bekasi menyampaikan program khusus dan kegiatan rutin yaitu Jumat Berkah. Aksi yang mereka lakukan setiap hari Jumat menyebarkan penganan dus yang diberikan kepada jamaah sholat subuh. Dana yang diperlukan diperoleh dari para donatur. Dari Jumat berkah ini Salimah Kab Bekasi lebih dikenal dan banyak yang bergabung sebagai anggota. Anggota-anggota tersebut memiliki kemampuan yang beragam, diantaranya di bidang kuliner. Maka dibuatlah SISTER dengan kegiatan kue subuh. Di mana mereka dipesan untuk membuat kue di Jumat subuh hari. Setiap Jumat, jamaah sholat subuh mendapat kupon sebesar 10 ribu rupiah yang dapat dibelanjakan di area kue subuh, yang penjualnya adalah anggota Salimah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat subuh sampai jam 10 pagi. Anggota yang tergabung dalam kegiatan kue subuh ini juga mendapatkan berbagai pelatihan yang ditujukan untuk terus meningkatkan kemampuan diri baik secara manajerial maupun kualitas dan variasi produk.

Ke depan diharapkan semakin banyak lagi manfaat yang dapat Salimah berikan untuk masyarakat yang tergabung dalam anggota Salimah. (/RA)

Related Post

About Author: Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.