Salimah Kalbar Siap Mewujudkan Generasi Emas 

by -1355 Views

Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kalimantan Barat menyelenggarakan
Lokakarya Wilayah pada 4 – 5 Nopember 2017 di Hotel Garuda, Pontianak. Mengusung tema “Mewujudkan Generasi Emas Melalui Peningkatan Kualitas Perempuan Indonesia” seiring visi mulia “Generasi Emas 2045” yang diemban oleh seluruh elemen masyarakat, yaitu hadirnya 70 persen generasi usia produktif (15-64 tahun), bersamaan dengan momentum 100 tahun emas bangsa Indonesia, semenjak kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.

Periode ini merupakan titik yang sangat produktif dan sangat berharga, perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, agar bangsa Indonesia diisi oleh insan yang berkarakter, religius, cerdas dan kompetitif. Sebagai ormas perempuan, Persaudaraan Muslimah (Salimah) merasa terpanggil, menjadi bagian dari elemen bangsa yang berpartisipasi aktif, sesuai visi Salimah hingga 2020, “Menjadi ormas perempuan yang kokoh dan dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga Indonesia”.

Upaya nyata yang dilakukan oleh PW. Salimah Kalbar, berupa pendirian Komunitas Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER), Majelis Taklim, Komunitas Orang Tua Bijaksana (KOB), Baitul Qur’an Salimah (BQS), Gaya Hidup Sehat dan Hijau/Hidroponik, Koperasi Syariah Serba Usaha Salimah (KOSSUMA), Pos Pembinaan Anak Yatim (P2AY), dan Pos Penanggulangan Musibah dan Bencana (P2MB).

Dalam acara Lokakarya Wilayah ini juga dirangkai dengan Pelatihan Kepemimpinan Pengurus Salimah 1 (PKPS 1). PKPS diwajibkan bagi seluruh penggurus Salimah baik penggurus Pimpinan Wilayah maupun Pimpinan Daerah se-Kalbar, baik yang telah atau belum mengikuti LKM pada masanya. PKPS 1 ini langsung diisi oleh Rusmiyati,S.Pd Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Salimah Pusat.

“Salimah hadir melalui program dan lembaga berbasis pendidikan dengan menitikberatkan peran keluarga sebagai unit sosial yang paling koheren dalam mengawal tumbuh kembang anak dan mengaktualisasikan diri. Menyadarkan masyarakat akan peran keluarga dalam menyiapkan generasi emas, terutama pada rentang usia 0-6 tahun yang disebut sebagai usia emas yang sangat menentukan masa depan generasi Indonesia. Mendidik bak menanam, mendidik generasi hari ini akan merasakan hasilnya 20 tahun mendatang,” papar Ketua PW Salimah Kalbar, Erni Yusnita, SKM, M.Kes

Dalam Lokakarya Wilayah Salimah 2017, PW Salimah Kalbar menghadirkan pengurus yang mewakili dari 13 Pimpinan Daerah Salimah Kabupaten/Kota di seluruh Kalimantan Barat. Serta Bendahara yang akan mencanangkan pendirian Lembaga Amal Zakat (LAZ) yang bermanfaat dalam menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan melalui program Pos Peduli Musibah dan Bencana (P2MB) serta Program Peduli Anak Yatim (P2AY).
Semoga dengan Lokakarya Wilayah 2017 Struktur Salimah di seluruh wilayah Kalimantan Barat siap merealisasikan program-program unggulannya, sebagai kontribusi konkrit untuk mewujudkan Generasi Emas.

Pontianak, 4 Nopember 2017
Humas PW. Salimah Kalbar