Seminar Fathering Salimah Se Banyumas Pukau Peserta

Pimpinan Cabang Persaudaraan Muslimah (PC Salimah) se Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan sekolah-sekolah taman kanak-kanak Kab. Banyumas mengadakan Seminar Fathering dengan tema “Menjadi Ayah yang Asyik dan Dirindukan,” di Pendopo Si Panji Kecamatan Banyumas, Senin 11/12/17.

Seminar ini sebagai wujud realisasi salah satu misi Persaudaraan Muslimah (Salimah) yaitu pengokohan keluarga dan perlindungan anak Indonesia. Peselenggara acara merupakan gabungan Pimpinan Cabang (PC) Salimah Kecamatan Banyumas, Somagede dan Kalibagor bekerja sama dengan Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Harapan Bunda Banyumas, Kelompok Bermain (KB) Bina Insan Cendikia Somagede dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Insan Mulia Banyumas.

Selaku ketua panitia, Menik Puji Astuti, S.Pd menyampaikan “Terima kasih baik untuk ayah ibu dan tamu undangan yang telah hadir serta untuk seluruh panitia yang telah membantu terselenggaranya seminar. Misi Salimah dalam pengokohan keluarga dan perlindungan anak Indonesia tidaklah dapat dilakukan tanpa dukungan dan keikutsertaan semua pihak. Semoga Salimah senantiasa dapat bekerja sama dengan semua pihak yang peduli perempuan, anak dan keluarga Indonesia,” ujarnya.

Hadir sebagai undangan sekaligus pembuka acara tersebut Drs. Ahmad Suryanto, M.Si selaku Camat Banyumas. Dalam sambutannya Camat Banyumas ini menyampaikan “Peran sebagai apapun kita di luar rumah, saat di dalam rumah peran ayah adalah pendidik bagi istri dan anak-anaknya. Ayah bersama dengan ibu senantiasa harus memberikan contoh yang baik dalam pengasuhan anak”.

Selain itu Ahmad juga menuturkan “Salimah merupakan mitra dari pemerintah dalam mewujudkan program Kota Layak Anak (KLA) yang sekarang ini sedang dirintis.”

Selain dihadiri Camat Banyumas, seminar ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Banyumas, Ketua Himpaudi Kecamatan Banyumas dan perwakilan KUA Kecamatan Banyumas sebagai bagian dari pihak-pihak yang berkaitan dengan peningkatan kualitas keluarga dan anak.

Narasumber pada acara ini, Ayah Irwan Rinaldi menyampaikan “Jika anak anda mengalami masalah, jangan langsung memvonis anaklah yang salah, tapi yang paling pertama dan utama adalah periksa hubungan ayah dengan anaknya. Anak adalah takdir dan amanah dari Allah yang pasti akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat, oleh karena itu tugas dan peran seorang ayah ada tiga yaitu loving/mencintai, coaching/membina, dan modelling/memberikan keteladanan,” tambahnya.

Seminar ini dihadiri lebih dari 200 orang peserta baik ayah maupun ibu dari wilayah Kabupaten Banyumas dan beberapa dari luar Kabupaten Banyumas. Salah seorang peserta, seorang ayah bernama Sigit Lukman Hakim menyampaikan “Bagus sekali acara seperti ini, sebagai alat evaluasi dan referensi saya sebagai ayah yang ternyata masih banyak kekurangan sebagai ayah, sehingga saya harap acara-acara seperti ini dapat diadakan kembali”.

Peserta lain, Pramudya Wardany menambahkan “Belum pernah ada acara bagus seperti ini disini, padahal penting sekali buat kami para ayah untuk menambah wawasan tentang pola asuh yang sesuai. Harapan kami Salimah dapat menyelenggarakan kembali acara seperti ini dengan waktu yang lebih lama sehingga waktu untuk diskusi lebih lama,” tambahnya.

Dalam acara ini panitia memberikan penghargaan kepada pasangan ayah dan ibu yang hadir dalam seminar ini sebagai bentuk apresiasi semangat orang tua untuk menambah wawasan tentang pengasuhan anak yang dirasa sangat perlu dalam mendidik anak di zaman sekarang.

Ratna Ketua PC Salimah Kab. Banyumas, Jateng (Fdh)

 

Share Button

Related Posts

600 Perempuan Hadiri Tabligh Akbar Muharram PD Salimah Kota Bogor

Sebagai wujud semangat diawal tahun baru Islam 1439 H, Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah ...

Learn more

Related Post