Antusiasme Ibu-ibu Lombok Tengah Belajar Ngurus Jenazah

by

Pada masa sekarang ini mencari muslimah yang paham syarat, rukun dan tahapan perawatan jenazah sesuai syariat sangatlah jarang atau bahkan terbilang langka.

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Lombok Tengah sebagai salah satu organisasi yang peduli perempuan, anak dan keluarga Indonesia menjadi penggagas dalam acara yang bertajuk “ Dauroh Janaiz” . Acara ini di gelar pada Jum’at 16/2/2018 bertempat di Musholla Miftahul Huda Lingkungan Jontlak Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 80 ibu-ibu warga sekitar dan pengurus salimah.

Ketua PD Salimah Kabupaten Lombok Tengah, Dewi Ratna Sartika,S.Pd dalam sambutannya mengatakan, Dauroh Janaiz ini dilaksanakan dalam rangka menambah pengetahuan muslimah tentang tata cara perawatan jenazah dan kedepannya diharapkan pengetahuan ini dapat langsung dipraktekkan di masyarakat ketika terjadi musibah meninggal dunia.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pimpinan Daerah Salimah yang telah mengadakan acara ini. Perawatan jenazah ini hukumnya fardu kifayah, tetapi pada masa sekarang ini jarang orang yang bisa merawat jenazah. Mudah-mudahan apa yang dipelajari akan sangat bermanfaat kedepannya,” ujar H. Mutawalli Akbar dalam sambutannya mewakili kepala lingkungan.

Hadir sebagai narasumber TGH. Muhanan, Lc. Dalam uraiannya, beliau menyampaikan materi tentang Tajhizul Janazah yang membahas tentang adab-adab yang sesuai untuk orang sakit menurut Al-Qur’an dan Sunnah, cara menghadapi orang yang sedang sakaratul maut dan kewajiban serta sunnah yang harus dilakukan untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Setelah selesai kajian teori, acara dilanjutkan dengan mempraktekkan tata cara perawatan jenazah dimulai dari mempersiapkan kebutuhan mandi jenazah, menggunting kain kafan sampai dengan memandikan jenazah. Dalam prakteknya di pandu oleh Inak Uncis dan Yasmi Verasusanti yang juga merupakan Humas PD Salimah Lombok Tengah.

https://chanelmuslim.com/berita/antusiasme-ibuibu-lombok-tengah-belajar-ngurus-jenazah
Yasmi Humas Media Salimah Lombok Tengah, NTB (Fdh)

RelatedPost

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.