Salimah Balangan Kalsel Adakan Seminar Parenting Sukses Mencetak Anak Cerdas dan Berkarakter di Zaman Now

by

 

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Balangan melaksanakan acara Seminar Parenting dengan tema ‘Sukses Mencetak Anak Cerdas dan Berkarakter di Zaman Now’ di Gedung Sanggam Paringin, Ahad 14/01/18.

Acara yang dihadiri lebih kurang 250 orang peserta ini bekerjasama dengan Yayasan Nurul Mustafa Wal-Busyra Kecamatan Halong, PAUD IT Al-Busyra Kecamatan Halong dan GP Ansor Balangan.

Mengawali acara dengan pembacaan Ummul Qur’an yang dilanjutkan dengan sambutan dari  ketua Yayasan Nurul Mustafa Wal-Busyra Kecamatan Halong Syaiful Bahri dan ketua PD Salimah Kabupaten Balangan, Murjiah sekaligus membuka acara. Dalam sambutanya murjiah menyampaikan ‘Seminar Parenting’ ini bertujuan antara lain untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada orang tua dalam mencetak anak menjadi generasi yang cerdas dan bekarakter.

“Para orangtua bertanggung jawab atas masa depan anak-anak yang akan menjadi bagian dari generasi emas, untuk itu sangat penting bagi orang tua memiliki ilmu dan referensi dalam melaksanakan proses pendidikan, dan sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada para peserta yang telah mengikuti seminar,” ujarnya.

Acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh ketua MUI Kabupaten Balangan, Muhammad Yusup.

Seminar Parenting ini menghadirkan Rimalia sebagai pemateri yang merupakan praktisi parenting, KASI Perlindungan Perenpuan DPPPA Kota Banjarmasin, Divisi Diklat P2TP2A Kota Banjarmasin dan Ketua PD Salimah Kabupaten Banjarmasin.

Dalam materinya Rimalia menjelaskan teori-teori tentang mendidik anak agar memiliki kecerdasan dan berkarakter, “Ada 3 faktor yang mempengaruhi pembentukan kecerdasan dan karakter anak, yaitu orang tua, sekolah/guru dan lingkungan. Yang memiliki peran terpenting dalam hal ini adalah orang tua, dimana orang tua sebagai arsitek otak anak,” paparnya.

Rimalia juga menyampikan tips dalam mendidik anak, antara lain mengetahi tujuan hidup, pola asuh yang ramah, sinergi cinta ayah-bunda dalam pengasuhan anak dan mewujudkan fungsi keluarga, pahami pikiran anak serta pahami bahasa cinta anak,” tambahnya.

Ana Humas Media Salimah Balangan Kalsel (Fdh)