Salimah Prabulingga Gelar Talkshow Singlelillah

by

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Prabulingga, Jawa Tengah kembali menggelar Salimah Singlelillah bertajuk ‘Jodohku, Maunya ku Dirimu’ di Taman Terbuka Hijau, Kompleks Perumahan Griya Abdi Kencana, Minggu (25/11).

Salah seorang peserta, Nanjar dari Purwokerto bertanya, mengapa para singlelillah harus meningkatkan kualitas diri sedangkan jodohnya sudah ditentukan di lauhul makhfudz ribuan tahun lalu. Mendengar pertanyaan ini, Denok mengibaratkan tentang alasan mengapa kita harus sholat, puasa, zakat dan berhaji, toh semua umat Islam pada akhirnya nanti masuk surga.

“Jadi, masalah takdir itu hak Allah. Ingat salah satu ayat Alqur’an Surah Ar Ra’d ayat 11, Allah tak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu mengubah nasibnya sendiri. Bisa jadi, pada awalnya seseorang berjodohkan seseorang yang kurang baik. Tapi karena dia memperbaiki diri terus, akhirnya Allah mengubah nasibnya berjodoh dengan orang yang tepat dan sesuai,” jelasnya.

Psikolog Maulida Isriani yang juga salah satu pemateri mengatakan, ada tiga kriteria jomblo dalam memandang pernikahan. Ada yang terlalu berimajinasi muluk dan hanya indah-indahnya saja, ada yang sebaliknya sangat berpikiran buruk terhadap pernikahan dan yang ketiga mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menjalani pernikahan yang barokah.

“Yang paling baik yang terakhir. Karena pernikahan itu tak melulu bahagia terus, tapi juga tak hanya duka lara saja. Pernikahan harus disikapi dengan dewasa sebagai ajang pendewasaan diri, sarana belajar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ciri khas pernikahan barokah, dalam pernikahan tersebut pihak suami dan istri sama-sama semakin dekat pada Allah, semakin banyak kebaikan-kebaikan yang dihasilkan baik dalam diri mereka masing-masing, anak keturunan dan orang-orang sekitarnya.

Menurut Ketua PD Salimah Purbalingga, Riyanti Ahmad, kegiatan yang ditujukan hanya untuk para jomblowati baik gadis maupun janda ini merupakan kegiatan kopi darat (kopdar) dari grup Salimah Singlelillah yang rutin menyenggarakan kuliah whatsApp (Kulwap) seminggu sekali selama tiga bulan. Mereka yang telah lulus mengikuti kulwap dan mengikuti kopdar, akan bergabung di grup Sahabat Salimah yang kulwapnya akan berfokus pada materi-materi seputar parenting, kertrampilan keputrian dan hal-hal lain yang dapat menjadi bekal sebagai istri sholihah berkualitas.

Salimah Singlelillah merupakan salah satu kegiatan unggulan PD Salimah Purbalingga yang bertujuan menumbuhkan semangat perbaikan diri para muslimah agar semakin berkualitas untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Estining P Humas Media Salimah Prabulingga, Jateng (FDH)

Related Post

About Author: Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.