Salimah Tulungagung Kembali Edukasi Masyarakat Pentingnya Pencegahan Kanker Leher Rahim

by

PD Salimah Tulungagung – Kanker leher rahim atau kanker serviks adalah silent killer atau pembunuh tersembunyi. Apa pasal, karena kanker ini seringkali terdeteksi sudah pada stadium lanjut. Demikian penjelasan dr. Naning Wahyu Febriani, Wakil Ketua PD Salimah Tulungagung saat menyampaikan penyuluhan pentingnya deteksi dini kanker leher rahim di Sekretariat Salimah Klinik Cordova, Bago Tulungagung, Ahad (12/8).

“Kanker ini seringkali lambat terdeteksi karena letaknya yang tersembunyi. Beda dengan kanker payudara misalnya yang bisa terdeteksi lebih awal karena adanya benjolan dan terasa saat diraba. Karenanya papsmear sangat penting dilakukan untuk mendeteksi kanker leher rahim ini,” terangnya.

Menurut Naning, perjalanan pra kanker menuju kanker waktunya lama, antara 5 sampai 15 tahun. Karenanya,  jika virus HPV sebagai penyebab kanker terdeteksi lebih awal, maka peluang untuk sembuh lebih besar. Biasanya pasien datang sudah pada stadium 3 dan 4, sehingga peluang untuk sembuh semakin kecil dan pengobatan yang dilakukan pun semakin rumit dan memakan biaya besar.

Menurut dokter jebolan UGM ini, tanda-tanda seseorang terkena kanker ini antara lain, keluar darah banyak di luar siklus menstruasi, atau jika pada wanita yang sudah menopause, mereka mengeluarkan darah lagi. Kemudian, jika berhubungan badan, vagina terasa sakit dan seringkali mengeluarkan darah. “Nyeri punggung berkepanjangan juga bisa menjadi tanda terkena sakit ini meski juga harus diiringi dengan gejala lainnya,” jelas dokter yang berpraktik di Puskesmas Tulungagung.

Selain papsmaer, kanker serviks bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Di antaranya tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok, tidak gonta ganti pasangan, menjaga kebersihan diri dan menghindari infeksi saluran kelamin.

Edukasi tentang kanker leher rahim ini merupakan rangkaian dari Senam Ayu Salimah yang rutin dilaksanakan pada pekan kedua setiap bulannya. Di sela acara, juga diadakan penggalangan dana untuk korban gempa Lombok, NTB. Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta.

Fatimah Humas Media Salimah Tulungagung (Fdh)

RelatedPost

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.