Sambut Ramadhan, Salimah Semarang adakan Silaturahim Majelis Taklim

Ibu dengan segala aktivitas yang luar biasa baik di rumah maupun di luar rumah tentu akan membutuhkan kegiatan yang mampu mengembalikan semangat untuk beraktifitas kembali dalam mengemban amanahnya sebagai orang tua.

Di Kota Semarang, Majelis Taklim (MT) sebagian besar anggotanya adalah para ibu, sangat luar biasa perkembangannya. Hal ini terlihat dari data majelis taklim yang semakin bertambah dengan kegiatan yang sangat bervariatif. Dalam setiap pertemuannya, menjadi ajang saling memotivasi dan meningkatkan ukhuwah antar sesama anggotanya. Selain itu jamaah MT juga mendapatkan ilmu agama yang sangat bermanfaat bagi bekal kehidupan dunia untuk akhirat.

Sebagai bentuk dari perhatian terhadap MT di Kota Semarang dan dalam rangka kegiatan tarhib Ramadhan,  maka PD Salimah Semarang mengadakan kegiatan Silaturahim Majelis Taklim Se-Kota Semarang dengan tema “Indahnya Ukhuwah Menyambut Cinta di Bulan Penuh Berkah”

Menurut ketua panitia, Diana Rachmawati tujuan diadakan kegiatan ini adalah memberikan semangat kepada para ibu dengan bertemunya seluruh MT se Kota Semarang. Selain meningkatkan ukhuwah juga memberikan rekreasi fisik berupa permainan dalam bentuk fun games.

Tujuan selanjutnya adalah memberikan penyadaran bahwa MT bisa lebih berperan aktif dalam membantu urusan-urusan kemasyarakatan terutama kaitannya dengan perempuan.

Acara ini menghadirkan Ketua PW Salimah Jawa Tengah, Sri Ani Handayani. Dalam sambutannya Ani menyampaikan kembali tentang visi dan misi Salimah.  Sri Ani  juga berpesan agar setiap kegiatan MT selalu memberikan dampak positif bagi peningkatan peran perempuan di Semarang khususnya.

Selain itu, hadir perwakilan dari PKK Kota Semarang Suwita Marheni yang menyampaikan pula didalam sambutannya agar para ibu selalu memperhatikan kasus-kasus  kekerasan dalam rumah tangga yang sering melibatkan perempuan, dan berhati-hati dalam membina rumah tangga.

Seluruh peserta juga disadarkan dan diingatkan kembali akan kasus saudara muslim di Ghouta, Suriyah bersama ACT yang diwakili oleh Gianto. Beliau menghimbau kepada para peserta untuk selalu membantu saudara muslim yang mengalami tekanan berupa penyiksaan dan pembantaian dengan senantiasa mendoakan dan menyisihkan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka.

Salimah juga menghadirkan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono untuk melakukan hearing dan sosialiasi beberapa program pemerintah kaitan dengan kondisi perempuan, mengingat data kasus KDRT di Kota Semarang mencapai 49%, dan termasuk kota dengan kasus terbanyak di Jawa Tengah. Harapannya, Salimah mampu bersinergi dengan lembaga swasta maupun pemerintah untuk meningkatkan kualitas peran perempuan sebagai usaha preventif terhadapa kasus KDRT.

Di siang hari, setelah acara fungames, peserta dibuat segar dengan tausiyah dari Ustadz Fahrurrozi. Beliau mengingatkan kembali bagaimana perempuan sebagai seorang istri dan dan ibu harus bersikap di rumah maupun dimasyarakat. Bahasa-bahasa yang ringan dan segar mampu membuat peserta fresh kembali.

Di penghujung acara, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Ahad 08/04/18 di Aula Balaikota Semarang ini, ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dan doorprize.

Ketua PD Salimah Kota Semarang, Indah Suryani Wijayanti mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah membantu menyukseskan acara ini dan seluruh peserta yang telah memeriahkannya. Semoga kedepan Salimah lebih sukses dengan program-program yang bisa mengakar di masyarakat.

Isti Humas Media Salimah Kota Semarang (Fdh)

Share Button

Related Posts

Salimah Memperingati Hari Batik Nasional

Banyak cara untuk membuktikan kecintaan  warga negara  kepada negara Indonesia. Persaudaraan ...

Learn more