Salimah Sulut Gelar Pelatihan Menghafal Alqur’an Semudah Tersenyum

Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Sulawesi Utara bersama Askar Kauny menggelar Pelatihan Menghafal Alqur’an dengan tema ‘Menghapal Alqur’an Semudah Tersenyum’ di Aula Manado Bersehati Hotel, Sabtu 31/3/18.

Pelatihan yang dihadiri lebih kurang 200 peserta yang terdiri beberapa tokoh masyarakat dari perwakilan MUI, Muhammadiyah, Yakesma, dan Masyarakat Setempat. Ketua Panitia Rusmala Panurat menyampaikan melalui pelatihan ini akan menambah keyakinan kita  semua bahwa menghafal Alqur’an bukanlah sesuatu yang sulit dan dapat dilakukan oleh semua orang.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Sulut, Dra. Ramla Abbas. Dalam sambutannya Ramla Abbas sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Salimah Sulut ini.

“Di saat ibu-ibu yang diharap menjadi madrasah buat anaknya telah mengalami pengikisan  karena medsos. Maka, pelatihan ini menjadi harapan agar anak-anak kita terjaga keimanannya,” paparnya.

Harapan senada diutarakan oleh Ketua PW Salimah Sulut, Sulastri Masloman, ”Pelatihan menghapal Alqur’an menjadi salah satu program unggulan Salimah yang mudah-mudahan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat muslim Sulawesi Utara,” pungkasnya.

Pelatihan Menghafal Alqur’an Semudah Tersenyum ini menghadirkan Ustadz Habiburohim,Lc sebagai narasumber. Ustadz Habiburohim memberikan tantangan untuk menghafal sejumlah kata dalam waktu singkat kepada peserta, yang dilanjutkan dengan penyampaian materi.

Usai memberikan materi dan tips secara lugas, Ustadz jebolan Al Azhar ini meminta beberapa orang untuk mendemonstrasikan cara yang diberikannya.

“Jadi dalam menghafal kata-kata, harus dibayangkan dan merangkai cerita,” selanya.

Peserta bersemangat dan antusias menirukan gerakan tangan Ustadz mendeskripsikan penggalan surat Ar Rahman. Tampak beberapa peserta sukses menghafal ayat demi ayat dalam tempo singkat.

“Khusus dalam menghafal Alqur’an, caranya adalah dengan meyakinkan diri mampu. Kemudian tekniknya dengan suara lantang dan menggunakan gerakan atau isyarat tangan,” jelas Ustadz Habiburohim menyemangati peserta.

Di sela-sela sesi, ustadz memperlihatkan sejumlah video pelatihan yang dilakukan Askar Kauny di sejumlah daerah. Penayangan video ini makin menyuntikan semangat kepada peserta.

Nanik Humas Media Salimah Sulut (Fdh)

Share Button

Related Posts

“Awas Tramadol Mengintai Anak-Anak” PD Bima – NTB

    PD Salimah Kota Bima Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Sekolah Ibu ...

Learn more

Related Post