Sambut Tahun Baru Hijriyah, Salimah Pangkalpinang Gelar Pelatihan Mengurus Jenazah

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1440 H, Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kota Pangkalpinang menyelenggarakan ‘Pelatihan Mengurus Jenazah (Dauroh Janaiz)’ di Aula Mesjid Al Furqon Bukit Baru Pangkalpinang yang diikuti oleh sekitar 50 orang peserta para muslimah Pangkalpinang, Selasa, 11/9/18.

Hadir dalam acara tersebut Ketua PD Salimah Kota Pangkalpinang, Mar’ati dengan pembicara Ustadz M.Sulahudin, Lc dan Hj. Ropi’ah.

Mar’ati dalam sambutannya mengajak para peserta untuk menjadikan tahun baru hijriyah sebagai momentum untuk membudayakan kalender hijriyah. ” Mari kita jadikan tahun baru Islam sekarang ini sebagai momentum kita membumikan atau membudayakan pemakaian kalender hijriyah”, kata Mar’ati.

Selanjutnya materi tentang “Bagaimana cara menyiapkan kematian dan bagaimana cara mengurus orang sakaratul maut” disampaikan oleh Ustadz M.Sulahudin, Lc.

Dalam paparannya Ustadz Sulahudin menjelaskan bahwa kematian adalah hal yang pasti. “Kematian adalah hal yang pasti datangnya sehingga kita harus siap menghadapinya”, ungkapnya.

Selanjutnya Ustadz menjelaskan tentang tanda-tanda kematian seseorang, “Ada beberapa tanda-tanda kematian seseorang diantaranya meminta yang aneh-aneh”, imbuhnya. Selain itu ditambahkannya masih banyak tanda-tanda yang lain seperti makannya banyak tidak seperti biasanya, hidung memesek, keluar keringat jagung, mimpi ada yang mengajak pergi, dan lain-lain,” jelasnya.

Materi kedua disampaikan oleh Pimpinan Panti Al Ikhlas Kacang Pedang Ropi’ah tentang pengurusan jenazah. Setelah break shalat Dhuhur dilanjutkan dengan praktek memandikan serta pengkafanan jenazah.

Sebagai modal utama dalam mengurus jenazah dijelaskan Ropi’ah adalah niat yang baik serta ikhlas. “Tidak susah untuk mengurus jenazah ini yang penting niat ibadah dan harus ikhlas”, jelas Ropi’ah dengan bersemangat.

Seluruh peserta terlihat antusias dalam mengikuti materi tersebut ditunjukkan dengan banyaknya pernyaan seputar pengurusan jenazah, serta dalam praktek di sesi terakhir peserta mempraktekkan sendiri untuk memandikan jenazah serta mengkafankannya.

Usdi Humas dan Media Salimah Kota Pangkalpinang (Fdh)

Share Button

Related Posts

Salimah Taiwan Menyelenggarakan Musywil ke IV

Perwakilan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Luar Negeri (PSLN) Taiwan menyelenggarakan ...

Learn more

Related Post