Dukung Germas, Salimah Tulungagung Rutinkan Senam Ayu Salimah

by

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kab. Tulungagung menggelar Senam Ayu Salimah (SAS) untuk ketiga kalinya guna meningkatkan aktifitas fisik sebagai bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gemas) di Sekretariat Salimah Klinik Cordova, Bago Tulungagung, Ahad 25/3/18.

Wakil Ketua PD Salimah Tulungagung, dr. Naning Wahyu Febriani menyampaikan sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Salimah berupaya memberikan kontribusi positif dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017.

“Salah satu tujuan Germas ini adalah mengubah perilaku kurang sehat menuju perilaku hidup sehat guna menghindari penyakit tidak menular seperti stroke, ginjal, diabetes, kanker dan jantung yang saat ini mengalami tren kenaikan. Meningkatkan angka penderita penyakit tidak menular ini menyebabkan sumber daya manusia sebagai aset bangsa terganggu dan tentunya menggerogoti anggaran negara untuk tindakan pengobatannya,” ujar Naning.

Menurut Naning, tren penyakit menular seperti TB, polio, cacar, sudah berlalu dan berganti dengan naiknya tren penyakit tidak menular. “Fokus utama kita adalah meningkatkan perilaku hidup sehat dengan menekankan pentingnya aspek promotif dan preventif,” terangnya.

“Sehat itu berproses. Baik dengan meningkatkan aktifitas fisik di antaranya fengan senam secara rutin,  kita juga harus mengatur pola pikir dan pola hidup sehat,” tutur dokter yang bekerja di Puskesmas Tulungagung ini,” tambahnya.

Aspek lain dari Germas adalah peningkatan edukasi hidup  sehat. Menurut Naning, PD Salimah Kab. Tulungagung dalam aspek ini diwadahi dalam Sekolah Ibu Salimah Terpadu (Sister) yang diadakan di tingkat Pengurus Cabang. Selain itu, Salam Salimah di Radio Samara 96,2 FM yang on air setiap Sabtu jam tiga sore secara rutin dalam satu bulan membahas topik kesehatan.

“Insya Allah bulan depan bersamaan dengan SAS, juga akan diadakan peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit melalui Sadanis dan pap smear kerja sama dengan BPJS dan BSMI Tulungagung,” pungkas Naning.

Fatimah Humas Media Salimah Tulungagung Jatim (Fdh)

Related Post

About Author: Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.