Public Speaking untuk Dakwah, Kenapa Tidak?

by

Sebagai pegiat dakwah, Salimah perlu menguasai public speaking sehingga pesan-pesan dakwah bisa diterima masyarakat dengan baik. Demikian disampaikan Didi Syahputra dalam Pelatihan Public Speaking yang diadakan oleh PD Salimah Tulungagung pada Ahad (4/11) di rumah makan Sumbersari, Lembupeteng Tulungagung.

Public speaking adalah salah satu bentuk komunikasi kepada publik untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi orang lain, maupun sebagai kebutuhan hiburan. Kemampuan ini juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan dakwah, termasuk dakwah melalui media radio,” kata penyiar Radio Samara 96,2 FM ini.

Contohnya ialah Radio Samara 96,2 FM yang memiliki sekitar 15.000 pendengar dari berbagai wilayah yang dijangkaunya. “Bayangkan jika 5% saja dari para pendengar mengikuti atau meniru apa yang kita katakan, misal tentang kesehatan, bisnis yang syar’i, coba bayangkan!” tuturnya sambil menyunggingkan senyum. Untuk itulah kemampuan public speaking yang mumpuni sangat diperlukan untuk mendukung proses penyampaian informasi yang bermanfaat.

Didi memberikan tips khusus untuk mengatasi gugup yang menjadi kendala umum ketika mulai berbicara di depan banyak orang. “Biasakan berdoa sebelum memulai kegiatan,” ungkapnya sambil melantunkan doa-doa sebagai contoh.

“Datang 30 menit sebelum acara dimulai,” lanjutnya. Datang lebih awal dapat mengatasi rasa grogi. Jeda waktu tersebut dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain agar mencairkan suasana, menyesuaikan diri dengan tempat kegiatan, serta memperdalam materi.

“Persiapan harus matang. Materi dikuasai dengan membaca berulang-ulang. Membacanya juga seolah sedang mengobrol biasa. Yang Tidak kalah penting yaitu intonasi. Menurut penelitian,  Suara monoton di 15 detik pertama itu sudah ditinggal pendengar,” ungkap pria yang pernah bertugas sebagai jurnalis di beberapa negara Timur Tengah tersebut. Didi menegaskan, tips-tips itu tidak hanya penting dalam dunia penyiaran, namun juga pada kegiatan komunikasi lisan lainnya seperti forum debat, rapat, pidato, seminar, memandu acara, diskusi, presentasi, mengajar, maupun lainnya.

Ketua PD Salimah Tulungagung Lilik Handayani dalam sambutannya menyampaikan, Salimah Tulungagung saat ini sudah menjalin kerjasama dengan Samara FM dengan mengusung program Salam Salimah yang on air setiap Sabtu sore dengan berbagai tema seputar keluarga, perempuan dan anak. “Saya harapkan pelatihan public speaking ini bisa membekali nara sumber dan pengurus Salimah agar mampu berbicara dengan baik saat siaran,” katanya.

Nis Humas Media Salimah Tulungagung (FDH)

 

RelatedPost

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.