Bertema Sayangi Jantung Anda, Salimah Blitar Lakukan Penyuluhan Kesehatan

Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Blitar menyelenggarakan Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER)  dengan materi tentang kesehatan ‘Sayangi Jantung Anda’, Ahad (25/3). Narasumbernya adalah dr. Rina Yuda Novira, Sp. JP., seorang dokter Spesialis Jantung yang praktek  di beberapa rumah sakit di Kota Blitar. Kegiatan bertempat di Aula Dinas Pariwisata Kota Blitar, Jl. Ir. Soekarno 11, Kota Blitar.

Salimah Kota Blitar sendiri sebagai anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Blitar yang berdiri sejak 8 Maret 2006, dikenal masyarakat sebagai organisasi wanita yang ikut berperan aktif dan peduli terhadap perempuan dan anak di Kota Blitar, diantaranya, kajian keislaman untuk muslimah, kesehatan perempuan, pelatihan keterampilan ibu-ibu, parenting, penyuluhan pencegahan LGBT, finansial Keluarga & Usaha, gaya hidup sehat, dan sebagainya.

Dalam sambutannya, Ketua PD Salimah Kota Blitar, Umul Fadlilah, S.Si., M.Farm.Klin., Apt. menyampaikan bahwa bacaan  Al Qur’an juga merupakan obat fisik dan psikis manusia. Jadi selain mencegah berbagai penyakit fisik dengan menjaga kesehatan badan, seorang muslimah harus juga mencegah berbagai penyakit fisik dan psikis dengan senantiasa membaca Al Qur’an dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Hadir dalam kegiatan tersebut lima puluh orang  lebih anggota Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER) dari tiga kecamatan se-Kota Blitar. Kegiatan yang  dimulai jam 08.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB diikuti dengan sangat antusias oleh peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan seputar penyakit jantung. Dalam materi nya, dr. Rina Yuda Novira, Sp. JP, menyampaikan bahwa penyakit jantung dapat dicegah.

“Pencegahannya di antaranya dengan mengendalikan Indeks Masa Tubuh (berat badan), obesitas sangat rentan terhadap penyakit jantung, karena jika terjadi penimbunan lemak pada pembuluh darah di jantung dapat mengakibatkan kerja jantung terganggu,” jelasnya.

Selain itu, pencegahan lain masih menurut  dokter Rina, menjaga gizi seimbang, hindari rokok, hindari stress, awasi tekanan darah secara teratur dan olah raga teratur, utamanya olah raga yang sifatnya fun, bukan untuk kompetisi meraih kejuaraan, seperti jogging, renang, bersepeda, yoga, dan lainnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari Ketua PD Salimah Kota Blitar kepada Narasumber.

https://chanelmuslim.com/berita/bertema-sayangi

Pujiasih Humas Media Salimah Kota Blitar (Fdh)

Share Button

Related Posts

Salimah Taiwan Menyelenggarakan Musywil ke IV

Perwakilan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Luar Negeri (PSLN) Taiwan menyelenggarakan ...

Learn more

Related Post