Salimah Aceh Tengah Harubirukan Peserta saat Bahas Parenting dan Sosialisasikan Ancaman Kekerasan Seksual terhadap Anak

by

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Aceh Tengah kembali melaksanakan kegiatan parenting pada Jum’at (28/12). Kali ini bertempat di Masjid Jami’ Babussalam, Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 WIB hingga tiba waktu ‘ashar ini, Salimah kembali menghadirkan duet pasangan suami istri sebagai pemateri. Tak lain Ustadzah Fitri dan Ustadz Nurrahman Syafi’i.

Meskipun sangat singkat, kedua pemateri cukup efisien mengupas urgensi parenting, masing-masing dari sisi ibu dan ayah. Untuk kegiatan kali ini, kedua pemateri menekankan pula pentingnya orang tua lebih awas akan bahaya ancaman kekerasan seksual terhadap anak pada sekitar 40-an peserta yang hadir.

“Kenali lingkungan sekitar kita, kenali lingkungan kegiatan anak kita. Kawan anak kita dekati juga. Rangkul dan jangan sungkan ngobrol dengan mereka.” Ujar Fitri.

Lebih dalam Fitri mengingatkan, jangan sekali-kali orang tua merasa aman, bebas gangguan, sehingga abai ketika anak kita semakin senang berdiam lama dengan perangkat elektroniknya di dalam kamar. “Seisi dunia bisa diakses oleh anak kita hanya dengan seujung jari sekarang,” tandasnya.

Fitri menambahkan pentingnya orang tua paham bahasa tubuh anak. Sehingga perubahan diri akibat peristiwa buruk pada anak akan cepat terbaca. Tindakan terbaikpun akan lebih cepat bisa diupayakan. Sebab itulah orang tua butuh terus belajar, agar mendapat pemahaman yang utuh dan menyeluruh.

Di akhir acara, beberapa peserta yang terdiri dari ibu-ibu tak dapat menahan diri memeluk Fitri sembari menangis. Mereka sepakat bahwa tema seputar pengasuhan anak ini adalah kebutuhan, sehingga mereka meminta Salimah hadir kembali minimal sebulan sekali untuk mengisi materi tersebut bagi masyarakat Kampung Kemili.