Salimah dan Aisyiah Sumbar Gelar Seminar Nasional ‘Perempuan Berkemajuan Berbasis Kearifan Lokal’

by
Pimpinan Wilayah (PW) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Ormas Aisyiah gelar Seminar Nasional Perempuan dengan tema ‘Perempuan Berkemajuan Berbasis Kearifan Lokal’ di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat . Kegiatan ini diangkatkan dalam rangka milad Aisyiah yang ke 105 Tahun, 20/07/2019.
Dalam sambutannya, Ketua Salimah Sumbar, DR. Rahmawati menyampaikan bentuk kerjasama dua organisasi ini, Aisyiah yang telah berusia lebih dari 100 tahun dan Salimah yang baru belia di usia 19 tahun merupakan kerjasama yang baik dan sejalan dengan visi misi Salimah dalam mengokohkan kiprah Perempuan dan Keluarga Indonesia.
Hal senada juga disampaikan oleh Dra. Hj. Meilarni Rusli selaku Pimpinan Aisyiah Sumbar, kerjasama ini semacam penyerahan estafet kepemimpinan dan perjuangan dari Aisyiah kepada Salimah dan Organisasi Perempuan lainnya .
Membuka acara sekaligus Sambutan dari Ibu Gubernur Sumbar diwakili oleh Ibu Sekda Sumbar Elwinda Alwis menyatakan perempuan memiliki banyak peranan dalam kehidupan dan merupakan sumber daya yang bisa membangun juga menghancurkan Masyarakat. Dan mengapresiasi diangkatnya seminar ini demi kemajuan Perempuan .
Seminar Nasional ini menghadirkan tiga narasumber Dra. Hj Meilarni Rusli, Ketua Aisyiah Sumbar, Dr. Manager Nasution MA Wakil, Ketua LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) dan Dr. Fitria Heny, Ketua departemen SDM PW Salimah Sumbar .
Dra.Hj. Meilarni Rusli menyampaikan bahwa Perempuan berkemajuan berbasis kearifan lokal, harus memiliki nilai-nilai akhlak yang tinggi dan harmonisasi relasi dengan kaum laki-laki berlomba-lomba dalam kebaikan menghadirkan etika universal Rahmatan Lil ‘alamin .
Narasumber lainnya, Manager Nasution menyatakan Perempuan yang berkemajuan harus mampu menjadi pelopor di berbagai bidang kehidupan . Sedangkan Fitria Heny menyampaikan Perempuan berkemajuan mampu memenuhi aspek cantik dan berpenampilan Islami atau Beuty in Syar’i .
Para peserta Seminar menyambut baik pesan yang disampaikan dalam Seminar Nasional ini, seperti Indriyani seorang utusan BKMT yang merupakan salah satu Dosen di UNP berpendapat seminar ini menambah wawasan dan akan mentransfer kepada mahasiswa . Semoga dengan kegiatan ini semakin banyak kaum perempuan yang memiliki wawasan dalam menjalankan peran nya di masyarakat .
Vivi Humas Media Salimah Sumbar (FDH)