Salimah NTT Gelar Kelas Gizi Sehat

by -373 Views
Kupang (1/5) –Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan Kelas Gizi Sehat sebagai salah satu kegiatan Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER) Pra-Ramadhan 1440H/2019M, bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Kupang, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Rabu 01/05/19.
Gusnawati, selaku Ketua Panitia acara tersebut mengungkapkan Kelas Gizi Sehat ini bertujuan mengajak ibu-ibu dan remaja putri, peserta kegiatan untuk belajar gizi seimbang selama berpuasa dan menyusun menu sehat untuk tiga puluh hari.
“Pada saat bulan Ramadhan kendala yang sering kaum ibu hadapi adalah menentukan menu sahur dan berbuka, kadang baru sahur sudah memikirkan apalagi menu untuk berbuka sore nanti, sehingga waktu ibadahpun tercuri untuk itu. Oleh sebab itu, kita berharap saat Ramadhan nanti, ibu-ibu tinggal mengeksekusi menu yang tersusun hari ini, sehingga waktu untuk ibadah dapat dimaksimalkan,” lanjut Gusna.
Ketua Salimah NTT, Wirda Husain Kasim menjelaskan bahwa bukan hanya Kelas Gizi Sehat yang menjadi kegiatan SISTER Ramadhan 1440H Salimah, tetapi juga ada Kajian Siroh dan Tafsir pada hari ketujuh Ramadhan.
“Takjil Keliling selama bulan Ramadhan dan Halal bihalal pada pekan kedua setelah lebaran juga kegiatan yang akan kami lakukan di Ramadhan kali in.” tambahnya.
Yulaeny Valensia, narasumber dan juga staf pengajar Poltekkes Kemenkes Kupang, dalam materinya menjelaskan empat prinsip Gizi Seimbang, antara lain; mengonsumsi makanan beragam, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktifitas fisik, dan mempertahankan serta memantau berat badan normal.
“Pola makan saat berpuasa tidak ada perbedaan dalam kebutuhan kalori maupun kebutuhan gizi, hanya waktu mengkonsumsinya yang berbeda; berbuka, tiga puluh menit setelah berbuka, setelah tarawih dan sahur. Konsumsi makanan saat berbuka dilakukan secara bertahap, mengawali dengan air putih hangat lalu makanan/minuman dengan manis alami dalam jumlah yang wajar, hindari porsi besar, dan makanan terlalu manis dan tinggi lemak,” jelas Valen.
Kegiatan yang dirangkai dengan baazar dan demo masak ini dihadiri 128 peserta, termasuk Ketua Forum Majelis Taklim (FOSIMATA) Kota Kupang, Hj. Lies Bachita Badjideh yang juga pembina Salimah NTT. Selain itu juga dihadiri perwakilan dari PW Aisyah NTT, perwakilan Majelis Taklim se-kota Kupang, Kajian Akhwat IKKMAB, Guru-guru dari MAN dan MTs Negeri Kupang, serta mahasiswa UMK dan Poltekkes Kemenkes Kupang.
Terlaksananya acara ini juga karena dukungan Tupperware PT. Cendana Mutiara Abadi, Raninda, dan Brotus Fried Chicken, sebagai sponsor acara.
Gusnawati Humas Media Salimah NTT (Fdh)