PC Salimah Kemangkon Gelar Pelatihan Urus Jenazah

by

 

PURBALINGGA – Puluhan ibu antusias mengikuti Dauroh Janaiz atau Pelatihan Perawatan Jenazah yang diselenggaran Pimpinan Cabang Persaudaraan Muslimah (PC Salimah) Kemangkon, Ahad (26/5/2019) di Masjid As Salam, kompleks Balai Desa Majatengah Kecamatan Kemangkon. Beberapa ibu bahkan sangat bersemangat praktik langsung, termasuk berpura-pura menjadi jenazah.

“Saya kan anak pertama, jadi bertanggung jawab jika suatu ketika nanti orang tua saya tiada. Dengan mempraktikan tadi, saya jadi tahu urut-urutan pengurusan jenazah,” ujar Ety Wahyuni (31), peserta Daurah yang memberanikan diri praktik menjadi jenazah yang diurus.

Sesepuh Desa Majatengah yang juga Penasehat PC Salimah Kemangkon, Sudira mengatakan “rata-rata para ibu di desanya tidak tahu-menahu cara mengurus jenazah. Jika ada kematian warga di desanya, semua diserahkan kepada Kayim, salah satu perangkat desa yang bertugas mengurus jenazah,” ujarnya.

“Padahal Pak Kayim dan timnya itu kan kebanyakan laki-laki, kan kasihan kalau yang meninggal itu perempuan. Auratnya jadi terlihat. Dengan adanya Dauroh Janaiz ini, mudah-mudahan para ibu jadi paham dan bersedia mengurus jenazah, terutama jika yang meninggal anggota keluarganya yang perempuan,” jelas Sudira, yang sehari-hari menjadi guru di salah stau SMP negeri di Bukateja.

Para ibu tampak bersemangat, terbukti beberapa tak sungkan mengajukan pertanyaan. Kebanyakan mereka bertanya tentang perbedaan urutan atau cara mengurus jenazah antara satu ormas Islam dengan ormas Islam yang lain. Pemateri dari PD Salimah Purbalingga, Sunarsih dengan sabar menjelaskan, bahkan i’tilaf atau perbedaan fiqh memang suatu hal lumrah dalam Islam.

“Nggak usah bingung ibu, karena perbedaan itu memang fitrah. Monggo mau pakai yang mana, insyaa Allah semua yang ibu sampaikan tadi ada dasarnya. Misal mengadzani saat mayat akan dikebumikan, ada yang adzan ada yang tidak, monggo-monggo saja. Semua ada dasarnya,” terang Narsih bijak.

Menurut Ketua Pengurus Daerah Salimah Purbalingga, Riyanti, Dauroh Janaiz ini merupakan satu rangkaian Semarak Ramadhan PD Salimah Purbalingga yang rutin dilaksanakan setiap tahun di semua PC se-Kabupaten Purbalingga secara bergilir. Tahun ini diselenggarakan di lima PC dari 15 PC yang ada, yaitu Kutasari, Kemangkon, Bobotsari, Pengadegan, dan Kaligondang. Tema masing-masing PC diserahkan oleh pengurus PC setempat dengan mempertimbangkan kebutuhan warganya masing-masing.

“Semarak Ramadhan tahun ini kami fokuskan untuk SalimahKids dengan sasaran anak-anak dan Dauroh Janaiz untuk para ibu. SalimahKids kegiatannya mirp pesantren kilat dengan malam bina iman dan takwa atau mabit. Sedangkan Dauroh Janaiz berupa pengajian sekaligus praktik pengurusan jenazah,” papar Riyanti. (hms salimah pbg)

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.