Rahasia Tubuh Sehat dan Seksi

by

 

Tulungagung – Bunda ingin memiliki tubuh yang sehat dan seksi? Kalau iya, mulai sekarang jagalah keseimbangan hormon dalam tubuh dengan baik. Begitu saran nutrisionis Espy Indriati, Am.G saat berbagi pengetahuan kepada peserta Senam Ayu Salimah pada Ahad (14/4/2019) pagi di Klinik Cordova Tulungagung.

Hormon mempengaruhi kinerja metabolisme sehingga berperan mengontrol kegiatan di dalam tubuh. Untuk itulah perlu dijaga keseimbangannya. Empat hormon yang harus diketahui para wanita yang hendak berdiet sehat antara lain hormon insulin, hormon estrogen, hormon tiroid, dan hormon pertumbuhan. Minimal, empat hormon tersebut harus seimbang karena apabila rusak, tubuh akan mudah gemuk.

“Cara menyeimbangkannya yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat,” tutur nutrisionis yang berpraktik di Puskesmas Balesono, Ngunut Tulungagung ini.

Selain menjaga pola makan, Espy memberi tips lainnya, yaitu tidak mengonsumsi makanan olahan seperti sosis, sarden, dan mie instan. Cara diet yang tepat bukanlah tidak makan sama sekali, namun mengurangi porsinya pada siang dan malam hari. Sementara sarapan sangat penting agar tubuh berenergi.

“Konsumsi air putih, pola makanan seimbang, menjaga aktivitas, istirahat, menyayangi diri sendiri dan berada dalam lingkungan pertemanan  yang baik serta sehat,” jelas Espy menyampaikan tips selanjutnya. Dia juga mengingatkan akan pesan Rasulullah dalam menjaga kesehatannya yaitu boleh makan dengan kenyang namun  jangan sampai kekenyangan. Karena pada dasarnya, setiap yang berlebihan itu tidak baik.

Senam Ayu Salimah (SAS) adalah program unggulan Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kab. Tulungagung. SAS adalah perpaduan antara senam aerobik dan senam wajah yang diharapkan bisa menyehatkan tubuh dan memancarkan aura positif wajah. Selain penyuluhan kesehatan, peserta juga mendapatkan snack, jamu awet ayu serta undian doorprize bagi yang beruntung. (nis/fat)

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.