Salimah Adakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah

by -3 views

Forum Silaturahmi Majelis Ta’lim ( FORSIL MT ) Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kota Bandung, bekerjasama dengan  Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI ) dan Dewan Kemakmuran Masjid  Roudhatul Ilmi  mengadakan ‘Pelatihan Pemulasaran Jenazah’ di kompleks City Garden Residence, Sabtu, 28/09/19.

Salimah merupakan ormas yang peduli pada peningkatan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga Indonesia. Salimah terus bersinergi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun organisasi lainnya dalam mengedukasi masyarakat, termasuk dalam bidang pengurusan jenazah.

Latar belakang diadakannya agenda ini karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman umat muslim terkait praktek tersebut, kerap kali mengakibatkan proses pemulasaran jenazah di lingkungan masyarakat tertunda.

Seringkali proses pemulasaran jenazah terkendala atau tertunda karena kurangnya kesiapan dari masyarakat. Pemulasaran jenazah seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang kurang berarti atau bermakna karena umumnya masyarakat takut, bahkan tak sedikit yang merasa jijik.

Padahal kepengurusan jenazah yang kita lakukan akan menghasilkan pahala yang besar. Hukum mengurus jenazah seorang muslim adalah fardu kifayah alias wajib sehingga tata cara pelaksanaanya harus dipelajari dengan benar sesuai syariat islam.

Acara yang dihadiri oleh lima puluhan peserta Dalam sambutannya Hafni Susilowati, ketua panitia pelatihan menyampaikan bahwa acara ini diadakan khusus untuk utusan DKM/MT di lingkungan Kec. Mandalajati, Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul, dan Sukajadi.

“Diharapkan dengan pelatihan ini peserta nantinya bisa berkiprah dalam masyarakat apabila ada tetangga atau saudara yang meninggal, sehingga ilmu yang diperoleh membawa keberkahan yang melimpah,” lanjut Hafni.

Sedangkan Kurniawan Hidayat selaku ketua DKM Rudhatul Ilmi dalam sambutan berikutnya menyampaikan rasa bahagia yang luar biasa, karena Masjid kedatangan jama’ah yang banyak, juga acara tersebut akan sangat bermanfaat untuk warga kompleks tempat diadakan acara pelatihan ini.

Selanjutnya materi yang dibahas oleh Ustadz DR. Ma’mur Hidayat di acara inti pelatihan meliputi; pertama, kewajiban terhadap mayit. Kedua, tekhnik pemulasaraan jenazah; mulai dari bagaimana cara memandikan, mengkafani, menyolatkan, serta menguburkan mayit.

Beliau membawakan acara dengan detil diselingi gurauan dan praktik, sehingga peserta tidak merasa bosan ataupun tegang dengan materi yang terkadang ditakuti oleh sebagian kalangan.

Dalam acara ini diserahkan pula hasil sunduq  sejumlah Rp. 1.181.000,- untuk mendukung Klinik Hemodialisa yang menjadi salah satu program pengabdian IZI kepada masyarakat.

Di akhir, Ustadz Soleh selaku perwakilan Takmir Masjid Raudhatul Ilmi membacakan doa penutup yang menjadikan acara ini semakin penuh dengan keberkahan.

Sri Humas Media Salimah Kota Bandung (Fdh)