Salimah Kalbar Laksanakan Pemeriksaan Kanker Serviks dan Kanker Payudara

by

Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara yang berlokasi di Puskesmas Alianyang, Pontianak Kota dan Puskesmas Perumnas 1, Pontianak Barat, kamis 28/03/19.

Pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari.

Hadir mewakili PW Salimah Kalbar, Ketua Departemen Ekonomi, Sosial dan Kesehatan Lingkungan (Ekososkesling), Sunani Cahyani, S.Sos beserta sekretaris dan staf. Eny Triana, SE dan Hj. Endang Purwati, SH. Sunani menyampaikan kegiatan pemeriksaan sebagai bentuk kepedulian pada kesehatan reproduksi perempuan.

Untuk mendeteksi kanker serviks dapat dilakukan dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). IVA merupakan pemeriksaan visual untuk mendeteksi secara dini perubahan cairan rahim yang mengindikasikan gejala prakanker serviks.

Langkah awal deteksi dini pada payudara bisa dilakukan sendiri yaitu dengan meraba. Gunakan tangan untuk memeriksa adanya benjolan, tonjolan atau bengkak di payudara.

Pemeriksaan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 di Puskesmas. Sebanyak 94 perempuan telah mendaftar untuk mengikuti cek IVA. Peserta sangat antusias.

Pemeriksaan Kesehatan kanker serviks dan kanker payudara merupakan program yang sejalan dengan misi Salimah yaitu meningkatkan peran serta Salimah dalam upaya peningkatan kualitas hidup perempuan. Untuk selanjutnya Departemen Ekososkesling merencanakan pemeriksaan papsmer pada bulan april mendatang.

  1. Vitha Humas Media Salimah Kalbar (FDH)

Related Post

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.