Salimah Kutai Kartanegara ikut BESEPRAH dalam Adat Erau

by

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kutai Kartanegara Kalimantan Timur ikut berpartisipasi dalam  acara “Beseprah”, yang dilaksanakan di sepanjang jalan depan Museum Mulawarman, Tenggarong. Bersama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) serta undangan lainnya, PD Salimah Kutai Kartanegara ikut meramaikan salah satu acara adat ERAU 2019 yang selalu ditunggu masyarakat Kutai Kartanegara, Rabu 11/09/19.

Acara BESEPRAH ini adalah rangkaian acara adat dalam pesta ERAU 2019 yang di adakan di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. BESEPRAH adalah salah satu tradisi makan bersama sambil duduk bersila beralaskan tikar, kegiatan ini dilaksanakan baik dari kerabat keraton Kesultanan, Kutai Kartanegara, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara juga masyarakat sekitar.

Erau berasal dari bahasa Kutai, ‘eroh’ yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai, riuh rendah suara tersebut dalam arti banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajat dan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual, maupun hiburan.

Erau adalah tradisi ritual dan pesta adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. ‘Erau’ sebagai acara untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, Ada sejumlah kegiatan dalam acara ini, misalnya mendirikan tiang ayu, pemberian gelar kehormatan, berseprah, letupan meriam, dan berlimbur. Erau selalu diselenggarakan bersamaan dengan hari ulang tahun kota Tenggarong. Belimbur, adalah acara puncak dari Erau dengan saling siram-menyiram antar masyarakat yang hadir.

Erau akan mencapai puncaknya pada hari terakhirnya dengan tradisi Mengulur Naga. Mengikuti tradisi ini, sepasang replika naga besar akan diarak di kapal menyusuri sungai. Naga akan dilepaskan di Kutai Lama. Sebuah legenda rakyat mengatakan tempat ini adalah sarang naga. Setelah diluncurkan, orang berkompetisi untuk meraih sisik naga yang diyakini membawa keberuntungan.

Even tahunan Erau Kutai Kartanegara 2019 ini berlangsung mulai dari tanggal 3-16 September 2019, yang berisi  acara adat kerajaan sampai acara lomba olahraga tradisional.

Ada 2 event besar di Kutai Kartanegara pada September ini. Upacara Adat Erau tgl 3 – 16 September dan Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) tgl 21 – 29 September 2019.

Misbah Humas Media Salimah Kutai kartanegara, Kaltim (Fdh)