Salimah Pandeglang Gelar Kajian Rutin Ramadhan Pekan Kedua

by

Pandeglang – Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Pandeglang Gelar Acara Kajian Dhuha Pekan Kedua. Pendopo Pandeglang, Ahad 19/5/2019.

Acara diawali dengan Pembukaan oleh MC ibu Ismiyati Sofa. Tilawah bersama dipandu oleh Ukhti Mutmainnah Majelis Ta’lim Cilaja dengan membaca Al-Qur’an Surat Al A’la ayat 1-5 juz 30. Persembahan dari anak-anak Tahfidz Balita Qur’an(Tabaki) Irsyadul ‘Ibad melantunkan Surat Al Mulk ayat 1-10.

Bpk Hidayat Rahman pimpinan yayasan Irsyadul ‘Ibad menyampaikan materi ‘Pengaruh Puasa terhadap Keimanan, Mewujudkan Manisnya Iman di Bulan Ramadhan’. Beliau menyampaikan “barangsiapa yang mengucapkan kalimat tauhid maka Allah akan memasukkannya ke dalam Syurga. Bulan Ramadhan rezeki kita kumpulkan untuk shodaqoh,” pesannya.

Beliau juga mengingatkan mengenai Jumat terakhir bulan Rajab khotbah Rasulullah yaitu Targhib pada manusia tentang kedatangan bulan Ramadhan, Bulan penuh berkah, Wajib puasa, Dibuka pintu syurga, Dibelenggu syetan.
Dalam tausyiahnya beliau selingi dengan tiga pertanyaan, apa nama surat dalam Al-Qur’an perintah berpuasa? Dalam Surat Al- Baqarah : 183. Alhamdulillah pertanyaan mampu dijawab dengan baik oleh peserta dan mendapat hadiah uang shodaqoh dari pemateri. (Subhanallah).
Ustadz Hidayat juga berpesan agar bersihkan hati dengan sholat, puasa, istighfar. Puasa artinya menahan diri dari makan dan minum. Malam seribu bulan ciri-cirinya di malam ganjil, tidak ada angin, sunyi. Tiga Waktu Utama Ramadhan adalah 10 hari pekan pertama dicurahkan Rahmat Allah, pekan kedua penuh ampunan Allah, 10 hari terakhir Pembebasan Manusia dari api neraka.

Acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan untuk dua orang penanya. Antusias peserta terlihat dengan banyaknya yang mengacungkan tangan untuk bertanya. Pertanyaannya apakah tidur siang lebih dari 5 jam dapat pahala dan apakah bacaan Al-Qur’an kurang fasih mendapatkan pahala ? Jawabannya yaitu semua aktivitas bernilai pahala bila diiringi dengan niat karena Allah.

Peserta semakin banyak dibanding pekan pertama yaitu berjumlah 191 orang. Ditutup dengan doa dan semua peserta diberikan bingkisan.

Dilanjutkan acara internal rapat panitia, laporan keuangan dan rencana pekan berikutnya yaitu Acara santunan janda apabila ada dana terkumpul 5 juta dan bazar murah. Untuk bazar murah tiap panitia iuran rp. 35.000 dan dijual rp.15.000 dalam bentuk sembako untuk kaum dhuafa.

#Yeni Humas Salimah PD Pandeglang