, ,

Salimah Resmikan Lembaga Wakaf

by


Jakarta – Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP Salimah) di usia ke 19 tahun, kembali meresmikan Lembaga Kelengkapan Salimah (LKS), yaitu Lembaga Wakaf Salimah (LWS). Peresmian ini bertepatan dengan acara puncak Milad Salimah, Sabtu 9/3/2019 di Hotel Arnava Jakarta Pusat.

Peresmian LWS ini, didahului dengan mendaftarkan sebagai lembaga wakaf ke Badan Wakaf Indonesia (BWI), 31 Januari yang lalu. Saat itu Salimah diterima oleh Divisi Pembinaan dan Pemberdayaan Nazhir BWI. Salah satu divisi di BWI yang menangani lembaga penerima dan pengelola wakaf (nazhir).

Pengurus LWS terdiri dari, Pembina Siti Faizah, Pengawas Syariah Sinta Santi Lc dan Nur Hamidah, Lc, M.Ag. Pengurus harian S Rahma Fauzul Muna sebagai ketua, Reny Anggrayni sekretaris dan Maidawati sebagai bendahara.

Urgensi pendirian LWS, Faizah mengatakan, “Sebagai ormas, Salimah memiliki anggota dan pengurus yang berpotensi besar sebagai waqif sekaligus mauquf alaih. Hal ini yang melatarbelakangi Salimah bersilaturahim ke Badan Wakaf Indonesia sebagai bagian ormas yang ingin mendapatkan arahan lebih lanjut terkait optimalisasi wakaf. Selain untuk kemaslahatan umat, sekaligus menjadi  bagian dari upaya mengokohkan organisasi dan menjaga dinamikanya sesuai visi Salimah.“

Keynote Speech dari Hendri Tanjung, Ph.D, Ketua Divisi Pembinaan dan Pemberdayaan Nazhir Badan Wakaf Indonesia menyampaikan, “Zubaidah membeli kebun di hunayain, yang kemudian diwakafkan. Hasilnya 1 M per tahun. Juga Membangun pipa air minum Makkah Arofah, sepanjang 12 mil. Dari wakaf beliau, untuk memberi minum orang yang berhaji. Peran wanita dari awal abad hijriah sudah terlihat. Salimah membangkitkan sejarah. BWI sangat mendukung PP Salimah. Tidak ada alasan untuk tidak menerbitkan izin nazhir,” ujarnya.

Memanfaatkan momen berkumpulnya ratusan pengurus Pimpinan Wilayah dan Daerah (PW – PD), sehari sebelum puncak acara milad, Salimah melaksanakan diskusi terkait Wakaf. Mengundang narasumber salah satu anggota komisioner BWI, Atabik Luthfi, ketua Divisi Humas Sosialisasi dan Literasi. Hal ini diharapkan agar para pengurus Salimah dapat memahami seluk beluk wakaf, sehingga dapat juga menerima dan mengelola wakaf dengan baik.

Menetapkan visi ‘Menjadi Lembaga Wakaf yang amanah dan Produktif’, LWS akan menginisiasi wakaf melalui uang yang akan diwujukan sebagai saham PT SPC. Di mana satu lembar saham bernilai seratus lima puluh ribu rupiah (Rp. 125.000,00). Wakaf saham ini nantinya akan menjadi saham milik Salimah. Yang dana bagi hasilnya akan dimanfaatkan untuk melaksanakan program-program Salimah. Dari umat, oleh umat, untuk umat.

Salimah yang memiliki konsentrasi untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia, banyak memiliki program kerja. Diantaranya, sekolah ibu Salimah terpadu (SISTER). Di mana kegiatan utamanya memberikan berbagai pelatihan kepada para ibu agar memiliki keterampilan. Yang diharapkan dengannya dapat menambah penghasilan keluarga.

Salimah juga melakukan pembinaan rutin terhadap anak yatim, melalu Program Pembinaan Anak Yatim (P2AY). Ketika ada musibah, Salimah tidak ketinggalan akan melakukan penggalangan dana dan memberikan bantuan, melalui Program Pos Peduli Musibah dan Bencana (P2MB). Awal bulan ini, Salimah meresmikan hunian sementara (huntara) di Lombok. Begitu juga di Palu, Salimah bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendirikan huntara.

Salimah selama ini sudah menggulirkan program wakaf, seperti wakaf untuk pembangunan Salimah Center, Wakaf booth jualan Salimah Food – makanan olahan beku –  yang dikelola salah satu LKS, PT Salimah Prima Cita (SPC). Beberapa titik kepengurusan Salimah juga sudah ada yang menerima wakaf. Baik itu tanah maupun tanah dan bangunan. Seperti Rumah Yatim di Sukoharjo dan TK-PAUD di Jepara.

LWS dalam waktu dekat juga akan meluncurkan wakaf buku. Yang saat ini siap cetak, Mutiara Al Baqarah, karya ketua umum Salimah, Siti Faizah. Buku ini nantinya akan didistribusikan ke masyarakat, perpustakaan dan lembaga yang memerlukan melalui kepengurusan Salimah di seluruh Indonesia. Berharap dengan Salimah mengelola wakaf, dapat lebih banyak lagi memberikan manfaat bagi masyakat.

Siti Faizah
Ketum Salimah
081-319-316947

Humas Salimah Humas Salimah

Gravatar Image
Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.